Breaking News

Senin, 18 Agustus 2014

STASIUN CIREBON KEJAKSAN

Cirebon adalah salah satu kota di pesisir Pulau Jawa. Kota Cirebon merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat yang terletak di bagian utara. Kota Cirebon terkenal dengan julukan Kota Udang. Meskipun kota kecil namun letak Kota Cirebon sangat strategis. Kota ini juga merupakan jalur pantai utara Pulau Jawa atau yang biasa dikenal dengan istilah Pantura. Untuk mencapai kota ini, kita bisa menggunakan angkutan darat seperti mobil ataupun bis melalui jalur pantura dari arah Jakarta. Selain itu kita juga bisa menggunakan transportasi kereta api. 

Terdapat dua stasiun kereta api di kota Cirebon, yaitu Stasiun Cirebon Kejaksan dan Stasiun Prujakan. Untuk kereta api kelas Eksekutif dan Bisnis berhenti di stasiun Kejaksan, sedangkan untuk kereta api kelas ekonomi berhenti di stasiun Prujakan.

Yang menarik dari Stasiun Kejaksan adalah bangunan gedungnya merupakan peninggalan jaman Belanda. Bangunan asli stasiun ini sampai sekarang masih tetap dipertahankan. 

Stasiun Kejaksan terletak di jalan Siliwangi Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Kejaksan. Stasiun Cirebon termasuk pada lintasan jalur utara. Sebagian besar kereta api, baik jalur utara maupun jalur selatan berhenti di Stasiun Kejaksan kecuali kereta kelas ekonomi berhenti di Stasiun Prujakan.

Stasiun Kejaksan dibangun pada tahun 1920 dibuat oleh arsitek bernama Pieter Adrian Jacobus Moojen. Sentuhan Art Nouveau dan Art Deco begitu menonjol dalam dalam gaya bangunannya. Dulunya dua menara bertuliskan Kaarjes (karcis) di sebelah kiri dan Bagage (bagasi) di sebelah selatan.

Untuk berangkat ke Pontianak, biasanya saya memilih kereta Argo Jati atau Cirebon Ekspres menuju Stasiun Gambir. Kemudian saya naik Bis Damri dari Stasiun Gambir menuju Bandara Soekarno Hatta. 

Beberapa foto-foto di bawah ini saya ambil ketika saya akan kembali ke Kota Pontianak pada tanggal 4 Agustus 2014.        
    
Stasiun Cirebon Kejaksan
Foto dulu ah ...
Langit-langit di bagian dalam gedung
Lukisan Kaca di ruang tunggu
Pintu masuk ke dalam peron
Peron Stasiun
 
Jalur Kereta 

Kereta dari Jakarta tiba di Stasiun Cirebon

Pontianak, 19 Agustus 2014
Foto-foto : Guntur Sumitro
Kamera : Samsung Galaxy Camera S4 Zoom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By