Breaking News

Selasa, 05 Agustus 2014

ISTILAH-ISTILAH KHAS LEBARAN

Alhamdulillaah, libur lebaran telah usai. Saatnya kembali beraktifitas. Saatnya kembali menulis.

Tulisan kali ini adalah mengenai istilah-istilah yang berkaitan dengan Lebaran.

Tunjangan Hari Raya (THR)
THR adalah pendapatan lain pekerja selain gaji atau upah yang dibayarkan rutin setiap bulan. THR diberikan kepada pekerja pada saat menjelang hari raya agar pekerja penerima THR dapat merayakan hari raya. Biasanya THR digunakan untuk membeli keperluan hari raya, seperti membeli perlengkapan sholat, pakaian baru, biaya mudik dan membeli keperluan hidangan pada hari raya.

Mudik
Kata 'Mudik' berasal dari bahasa Sunda yaitu Mulih ka Udik yang artinya "Pulang ke Udik" atau "Pulang ke Kampung". Mudik dilakukan untuk merayakan lebaran bersama orangtua, keluarga, teman ataupun sahabat. Biasanya mudik dilakukan dari kota ke desa. Bisa juga dari tempat perantauan ke rumah orangtua atau ke kampung halaman. 

Pemudik
Orang yang melakukan perjalanan mudik disebut dengan pemudik. Ada pemudik yang melakukan mudik sendiri saja atau bersama keluarga.

Angkutan Mudik
Adalah sarana transportasi yang digunakan oleh pemudik saat mudik. Berbagai macam sarana yang digunakan yaitu, Pesawat Terbang, Kapal Laut, Kereta Api, Bis, Mobil, Motor, Bajaj, dll.

Jalur Mudik
Adalah sarana jalan raya yang digunakan pada saat mudik lebaran. Biasanya berasal dari Jakarta dengan tujuan beberapa daerah di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang dapat ditempuh dengan kendaraan darat. Di Pulau Jawa dikenal dengan Jalur Pantura (Pantai Utara) dan Jalur Selatan.

Jalur Alternatif
Jalan yang dapat ditempuh oleh pemudik selain jalur utama. Jalur ini digunakan untuk menghindari kemacetan karena kemacetan yang sering terjadi pada jalur utama.

Arus Mudik
Arus Mudik adalah arus kendaraan bermotor baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik kendaraan roda empat ataupun roda dua yang melintasi jalur mudik. Arus mudik biasanya dimulai pada tujuh hari sebelum lebaran yang biasa disebut dengan H min 7.

Arus Balik
Arus balik adalah kebalikan dari Arus Mudik. Bila arus mudik adalah dari kita ke desa atau dari Jakarta ke beberapa daerah, maka arus balik adalah dari beberapa daerah menuju ke Jakarta yang dilakukan setelah lebaran.

Silaturahmi/Silaturahim
Artinya adalah memperbaiki hubungan persaudaraan dengan kerabat. Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah moment yang tepat untuk memperkuat tali silaturahmi. 

Halal Bi Halal
Halal Bihalal adalah tradisi saling meminta maaf dan memberikan maaf satu sama lain di Indonesia. Ada dua arti dalam kata halal, pertama berarti "diperkenankan", dan sebagai lawan dari kata haram. Kedua memiliki arti "Baik" yang terkait dengan status kelayakan produk makanan.

Sungkeman
Adalah tradisi dalam meminta maaf kepada orangtua atau orang yang dituakan atau orang yang dianggap sebagai orangtua. Permintaan maaf dilakukan dengan cara sungkem, yaitu bersimpuh di kaki orangtua sambil mencium tangan dan menyampaikan permohonan maaf. 

Open House
Silaturahmi terbuka dengan masyarakat pada saat lebaran. Istilah ini berarti menerima siapa saja yang datang dan menikmati makanan yang disediakan oleh pemilik rumah. Siapa saja boleh datang termasuk tamu yang tidak dikenal oleh Si Pemilik Rumah. Tradisi open house biasanya dilakukan oleh para pejabat, selebriti, tokoh masyarakat dan pengusaha. Tradisi Open House pada saat lebaran adalah perpaduan antara silaturahmi dengan penghormatan kepada tamu.
   
Cuti Bersama
Adalah cuti yang diberikan kepada karyawan atau pegawai dengan waktu yang telah ditentukan. Waktunya disesuaikan dengan tanggal hari raya. Bisa sebelum atau sesudah hari raya. Cuti bersama adalah hak cuti tahunan pegawai yang diambil secara bersama-sama.

Angpao
Istilah ini berasal dari bahasa Cina. Biasanya digunakan pada saat perayaan hari raya Imlek. Tapi pada saat lebaran ada juga tradisi bagi-bagi duit kepada anak-anak. Istilah "Angpao" dipinjam untuk menyebut duit yang diberikan kepada anak-anak pada saat lebaran.

Demikian, beberapa istilah yang sering kita dengar pada saat perayaan hari lebaran. Semoga tradisi yang dilakukan pada saat lebaran membawa kita kepada kebaikan, mendekatkan kita kepada Allah SWT dan mempererat tali silaturahmi kepada keluarga dan kerabat. Amiiin ...

Pontianak, 6 Agustus 2014
ditulis oleh : Guntur Sumitro
dikompilasi dari berbagai sumber bacaan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By