Breaking News

Kamis, 03 Juli 2014

TIDURNYA ORANG BERPUASA ITU IBADAH, BETUL NGGAK SIH?

Apa betul, tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah?

Wah, enak dong!
Kalo gitu nggak usah ngapa-ngapain. Tidur aja seharian. Asik kan, tahu-tahu pas bangun saat adzan Maghrib. Langsung dapat pahala, nggak repot dan nggak capek.

Tapi apa iya, seperti itu?

Setiap datang bulan puasa, banyak teman yang bilang kalo tidur itu ibadah.

Pada suatu hari ada tiga orang melakukan sholat djuhur berjamaah. Selesai sholat mereka melakukan tiga macam kegiatan yang berbeda.

Orang pertama, tidur
Orang kedua online pake HP
Orang ketiga baca Qur'an

Kata orang yang pertama, dia tidur sambil dengerin temannya baca Qur'an sampai dia benar-benar terlelap dalam mimpinya.

Kata orang yang kedua, dia online sama teman-temannya untuk bersilaturahmi sambil jagain temannya yang lagi tidur dan sekaligus dengerin teman yang lainnya baca Qur'an.

Kata orang yang ketiga, dia baca Qur'an untuk meningkatkan amalan-amalan di bulan puasa.

Setelah orang ketiga selesai baca Qur'an, mereka bertiga tidur semua.

Teman saya bilang, bahwa tidurnya orang berpuasa itu ibadah jika memang diniatkan untuk ibadah. Daripada melakukan kegiatan yang dapat merusak pahala puasa, misalnya ngomongin orang, ya lebih baik tidur. Bisa juga tidurnya itu karena ingin istirahat supaya bisa melaksanakan ibadah pada malam hari.

Artinya, kalau tidurnya saja berpahala apalagi melakukan kegiatan-kegiatan yang lain. Tentu saja kegiatan yang dianjurkan untuk dikerjakan selama bulan puasa. Katanya kerja juga bisa kita niatkan sebagai ibadah. Kalau dalam bulan lain saja kerja itu adalah ibadah, apalagi di bulan Ramadhan. Artinya kalau bisa kerja kenapa harus tidur. Maksudnya tidur jangan dijadikan alasan untuk tidak bekerja atau tidak melakukan pekerjaan apa-apa.

Jangan sampe kita salah dalam menafsirkan hadits tersebut. Jangan karena hadits tersebut lantas kita tidur seharian dari pagi sampai sore. Semoga kita bisa memaknai hadits tersebut dengan baik dan dapat mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Semoga amal ibadah puasa kita selama bulan Ramadhan mendapatkan Ridho Allah SWT, amiiin .....

Foto diperagakan oleh model
Foto diperagakan oleh model
Pontianak, 3 Juli 2014
ditulis oleh : Guntur Sumitro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By