Breaking News

Selasa, 08 Juli 2014

MENULIS ITU UNTUK ORANG LAIN

Apa perbedaan membaca dan menulis?

Perbedaannya adalah membaca itu untuk diri sendiri, sedangkan menulis itu untuk orang lain.

Hampir semua orang bisa membaca dan hampir semua orang bisa menulis. Dalam hal ini adalah mereka yang bersekolah atau mereka yang belajar membaca dan menulis tentunya. 

Namun tidak semua orang suka atau hoby membaca, apalagi menulis. Bahkan orang yang suka membaca pun belum tentu suka menulis. Padahal baik membaca maupun menulis sama-sama berpikir dan sama-sama mencerna. Mencerna apa yang dibaca dan mencerna apa yang ingin ditulis. Memang bisa dikatakan bahwa membaca itu lebih mudah daripada menulis.

Membaca hanya sekedar membaca tulisan, cerita, kisah atau apapun yang ditulis oleh penulis. Membaca pesan yang ingin disampaikan penulis kepada kita. Tapi menulis itu tidak semudah membaca. Kita harus berpikir apa yang akan kita tulis. Apa pesan yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.

Menulis itu menyajikan tulisan kepada orang lain. Menulis itu menyampaikan pesan untuk orang lain. Menulis itu mengisahkan atau menceritakan kepada orang lain lewat sebuah tulisan. 

Menulis adalah berbagi, berbagi apa saja. Apa yang kita lihat, kita rasa, kita baca dan kita alami.

Contoh menulis yang sederhana adalah menulis status di media sosial. Apa yang kamu tulis itu ditujukan atau agar dibaca oleh orang lain, teman atau sahabat di media sosial tersebut. Menulis dan mengirim email sudah pasti itu ditujukan untuk orang lain agar dibaca orang yang kamu kirimi email. Begitu juga dengan menulis di blog atau di website. Tulisan kamu dimaksudkan agar dapat dibaca oleh semua orang dan siapa saja yang membaca blog/web kamu.

Selain menulis untuk orang lain, memang ada juga menulis untuk diri sendiri. Biasanya kita mencatat suatu peristiwa, perasaan, emosi atau mencurahkan isi hati lewat sebuah tulisan. Catatan tersebut untuk dibaca oleh kita sendiri atau konsumsi pribadi. Namun kalau tulisan itu sifatnya tidak terlalu pribadai dan boleh dibaca oleh siapa saja, kenapa tidak kita bagi tulisan tersebut buat orang lain?

Namun yang dimaksud menulis untuk orang lain adalah sebuah tulisan yang ditujukan atau bisa dibaca oleh orang lain yang memberikan manfaat kepada orang yang membaca tulisan itu. Kita bisa menuai banyak kebaikan dari mereka yang ikut membaca tulisan kita.

Nah, apakah kamu suka membaca?

Apakah kamu suka menulis?

Apakah kamu sudah menulis untuk orang lain?

Tunggu apa lagi? Mari menulis.

Pontianak, 8 Juli 2014
ditulis oleh : Guntur Sumitro 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By