Breaking News

Jumat, 13 Juni 2014

POST TELEGRAF KANTOOR & DE JAVASCHE BANK

Ini juga hasil liputan saya waktu hari Sabtu pagi sekalian jalan-jalan menyusuri kota Pontianak. 

Pontianak di waktu pagi, cuacanya masih bersahabat, nggak terasa begitu panas alias nggak terlalu menyengat. Dapat deh beberapa jepretan kamera saya untuk mengabadikan Gedung Kantor Pos lama yang lokasinya berada di Jalan Rahadi Usman, kota Pontianak.

Bangunan ini dibangun oleh pemerintahan Kolonial Hindia Belanda pada tahun 1858. Bangunan ini bernama Post telegraf kantoor atau Kantor Pos. Sampai sekarang bangunan ini masih difungsikan sebagai kantor pos.
   
 Tampak Depan

 Dari Jauh

 Tampak Samping

Kotak Pos

Dari dekat
Pegawai Kanwil DJKN Kalbar
Nah, kalo yang ini adalah de Javasche Bank. Sekarang menjadi gedung kantor Bank Indonesia. Letaknya tepat di sebelah bangunan gedung Kantor Pos Lama. 

Kantor de Javasche Bank Pontianak dibuka pada tanggal 1 April 1906. 

 de Javasche Bank
 
Foto diambil pagi hari

Sayangnya, saya mengambil gambar pada pagi hari. Meskipun langit sudah nampak biru cerah berpadu dengan putihnya awan, namun bayangan pohon-pohon besar dari arah saya mengambil gambar tidak dapat dielakkan. Waktu yang tepat untuk mengambil gambar adalah ketika matahari sudah mulai meninggi. Sehingga bangunan nampak jelas tidak tertutup bayangan pohon.

Tapi nggak apa-apalah, lain kali kan saya bisa ke sini lagi untuk mengambil gambar yang lebih bagus lagi. Yang penting bisa bercerita melalui tulisan ini. Semoga kedua bangunan bersejarah ini tetap terjaga dan dapat dilestarikan. 

Pontianak, 13 Juni 2014
ditulis oleh : Guntur Sumitro
Semua gambar diambil oleh Guntur Sumitro dengan kamera Samsung Galaxy S4 Zoom.
Sumber referensi : Buku Pontianak Heritage, penulis Ahmad Asma dZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By