Breaking News

Selasa, 10 Juni 2014

PONTIANAK HERITAGE

Gambar Sampul Buku

Pada suatu hari, ketika saya jalan-jalan ke toko buku Gramedia di A Yani Mega Mall Pontianak, saya melihat sebuah buku yang menyita perhatian saya. Buku itu berjudul "Pontianak Heritage dan beberapa yang berciri khas". Penulisnya adalah Ahmad Asma DZ. Saya berpikir buku ini sangat bagus, tanpa berpikir panjang saya memutuskan untuk membeli buku itu. Saya segera menuju kasir untuk membayar buku tersebut.

"Nanti ada acara launching buku ini, Pak. Bapak bisa ketemu sama penulis buku ini." kata petugas kasir sambil memberikan uang kembalian kepada saya. 

 "Acaranya kapan, Mbak?" tanya saya penuh antusias.   

"Acaranya hari Jum'at, tanggal 25 Oktober 2013 jam empat sore. Datang aja, Pak." kata sang kasir kemudian.

"Acaranya di sini, Mbak?" 

"Iya, Pak. Acaranya di toko buku Gramedia ini."

"Oke. Terimakasih atas informasinya, Mbak."

"Sama-sama, Pak."

Pas tanggal 25 Oktober, aku datang lagi ke Gramedia Mega Mall untuk mengikuti acara launching buku "Pontianak Heritage." Acara diselenggarakan di bagian depan toko buku Gramedia A. Yani Mega Mall. Tak begitu banyak yang mengikuti acara ini. Mungkin hanya sekitar belasan orang saja. Tak lebih. Mereka duduk di beberapa kursi panjang tanpa sandaran yang telah disiapkan oleh panitia. Saya datang agak terlambat dan untung saja acara belum lama dimulai.


Penulis menyampaikan beberapa penjelasan tentang proses penulisan buku ini. Selanjutnya ada beberapa orang yang terkait dengan buku ini juga menyampaikan sambutan. Kemudian acara tanya jawab diikuti dengan kuis dan pembagian hadiah. Ketika acara selesai dilanjutkan dengan acara foto bersama dan penandatanganan buku oleh penulis. Saya pun tak ketinggalan untuk meminta tandatangan penulis pada buku yang sudah saya beli beberapa waktu yang lalu.

Minta tandatangan penulis buku

Foto bareng penulis 
Menurut saya,buku Pontianak Heritage ini bagus dan sangat bermanfaat. Buku ini menampilkan obyek-obyek yang berada di Kota Pontianak. Buku ini menyatakan bahwa Pontianak itu tidak hanya Tugu Khatulistiwa. Masih banyak lagi beberapa tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah. Selain Tugu Khatulistiwa, buku ini juga menjelaskan tentang Patok Nol Kilometer Kota Pontianak. Belum lagi sejarah tentang Kesultanan Pontianak dan masih banyak lagi obyek-obyek peninggalan yang sangat berharga yang harus kita jaga dan kita lestarikan.

Salah satu obyek yang dibahas dalam buku ini
Bagi saya buku ini merupakan "Buku Pintar" yang menjawab pertanyaan saya tentang nama suatu tempat, bangunan bersejarah dan beberapa hal-hal yang menarik di Pontianak, yang tak bisa saya tanyakan kepada teman-teman saya di kantor, meskipun mereka adalah orang asli Pontianak. Nah, buku ini menjelaskan semuanya.  

Selain itu buku ini juga bisa dijadikan panduan atau pedoman untuk berwisata mengunjungi tempat-tempat menarik atau tempat-tempat bersejarah di kota Pontianak. Buku ini sangat berguna bagi siapa saja, khususnya yang ingin mengetahui sejarah dan benda-benda peninggalan masa lalu yang sampai saat ini masih bisa kita nikmati. 

Saya sangat salut untuk penulis yang dengan begitu semangat sehingga bisa menerbitkan buku ini.

Semoga buku "Pontianak Heritage" bisa menjadi bahan bacaan yang sangat bermanfaat bagi para pembaca khusunya bagi para generasi muda. Sehingga mereka bisa ikut berperan serta dalam menjaga dan melestarikan aset peninggalan sejarah.  

Tentang Penulis Buku Pontianak Heritage
Empat perlima laki-laki di keluarganya berawalan dengan nama Ahmad. Anak ketujuh dari tujuh bersaudara ini lahir pada hari Minggu, 31 Desember 1978 (1 Shafar 1399H). Empat jam sebelum kalender tarikh masehi diubah. Dari seorang ayah yang pedagang buah dan ibu seorang pedagang kue. Menyukai makanan tradisional, diantaranya gado-gado, plecing, cendil, kue cucur, naga sari, uli bakar, kue rangi. Senang melakukan perjalanan dan mendaki gunung, di manapun, kemanapun, bagaimanapun dan kapanpun.

Menulis beberapa buku, diantaranya buku kumpulan cerita pendek 'Dan Aku Dam Aku Yang Lainnya' (2002,2008).
Kumpulan puisi 'Hitam Putih Cinta Dalam Jiwa' (2003).
Kumpulan puisi 'Ruang Dan Waktu' Sebuah Rangkaian Potret Dalam Kata Tentang Kehidupan, Cinta, Perjalanan Dan Rasa Syukur ((2006,2008).
Mencari Ruang Publik di Warung Kopi, Fenomena Warung Kopi dan Es Teller di Kota Pontianak (2008), Pontianak Equator Moment, Panduan Wisata ke Kota Pontianak (2010).

Menjadi Volin UWRF pada tahun 2008. Bergiat di divisi Litbang Lembaga Pengkajian Studi Arus Informasi Regional. (LPS AIR).

Dan selain mengembangkan usaha bawang goreng dan buah, juga pernah menjadi konsultan dan fasilitator di YPPI untuk Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat di Desa Cijeruk, Kabupaten Bogor. Salah satu bentuk CSR Bank Indonesia. Layanan Pustaka di Desa Sukaluyu Karawang. Sampoerna Corner di 7 Universitas (UGM, UNPAD, ITB, ITS, Unsri, UNDIP, UB), pada program Sampoerna untuk Indonesia. Serta penyelenggaraan perpustakaan desa dan Mobil Pustaka Keliling, di Musi Banyu Asin, Sumatera Selatan. Salah satu bentuk CSR dari (JOB) Pertamina_HESS.

Oh ya beliau, Ahmad Asma DZ.  
dapat dihubungi melalui email : ahmadsofiandz@gmail.com, keringatdingin@yahoo.com
Pontianak, 10 Juni 2014
ditulis oleh : Guntur Sumitro     

2 komentar:

  1. Apakah buku Pontianak Heritage masih ada ? sayan berminat untuk memebelinya

    BalasHapus
  2. Buku "Pontianak Heritage" bisa dibeli di toko buku. coba cari di toko buku online, barangkali masih ada

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By