Breaking News

Senin, 30 Juni 2014

MUSHOLLA AL BADAR SMA NEGERI 1 PONTIANAK

Pada hari Minggu kuturut ayah ke kota. Loh, itu kan lagu anak-anak yang judulnya Naik Delman ciptaan Bu Kasur. Oh, iya ya. Ups, maaf jadi asyik nyanyi deh. 

Minggu kemarin (29 Juni 2014), yang bertepatan dengan awal puasa Ramadhan tahun 1435 Hijriah, saya berkesempatan untuk datang ke SMA Negeri 1 Pontianak. Saya datang ke tempat ini atas undangan dari BDK Pontianak untuk meninjau pelaksanaan Ujian Saringan Masuk STAN yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jalan Pulau Kalimantan Nomor 1, Pontianak. 

Narsis tanpa tongsis
Kendaraan di tempat parkir
Tahun ini jumlah peserta ujian masuk tercatat sekitar 616 orang. Tampak terlihat dalam foto, sejumlah sepeda motor milik para peserta ujian masuk yang diparkir di halaman sekolah.

Menurut keterangan dari panitia penyelenggara, para peserta di bagi menjadi 31 ruang ujian dan masing-masing ruangan berjumlah 20 orang. 

Saya dan beberapa orang peninjau yang lain diajak panitia penyelenggara untuk berkeliling ke setiap ruangan ujian untuk melihat dari dekat jalannya pelaksanaan ujian. Ujian berjalan dengan tertib seperti terlihat pada foto.

Suasana Ujian Masuk
Peninjau sedang mengambil gambar
Waspada terhadap segala tindakan penipuan 
Panitia Penyelenggara Ujian
Ruang panitia terletak di lantai 2 di bagian barat. Ruang ini adalah ruang guru. Dari balkon atau koridor ruang guru inilah saya melihat sebuah bangunan yang sangat menarik. Akhirnya saya putuskan untuk melihat bangunan ini dari dekat.

Tempat ibadah dengan arsitektur menarik
Saya turun melalui tangga di bagian tengah gedung. Saya langsung mengambil gambar dari dekat. Berikut ini hasil jepretan saya.

Musholla Al Badar SMU Negeri 1 Pontianak
Tempat Wudhu

Dari arah samping
Langit cerah berawan
Awannya bagus
Kubah dan menara musholla
Bagian dalam musholla
Bagian dalam terbuat dari kayu
Menurut saya bangunan musholla ini sangat menarik. Bangunannya bercorak tradisional melayu. Arsitektur musholla ini mengingatkan saya pada bangunan Mesjid Jamik Kesultanan Pontianak. Ciri khas bangunan musholla ini adalah bagian dindingnya yang didominasi dari kayu, sedangkan atapnya terbuat dari sirap. Yang membedakan dengan Masjid Jamik adalah kubah atap musholla dan kubah menaranya.  

Saya salut kepada sekolah ini dan juga pada konsultan yang mendesain musholla ini yang masih mempertahankan corak tradisional ditengah jaman yang modern seperti sekarang ini. 

Kebetulan cuaca kota Pontianak sedang cerah dan langitnya pun sedang bagus dengan sekumpulan awan yang berarak manis sekali, rasanya sayang untuk tidak mengabadikan bangunan Musholla Al-Badar SMA Negeri 1 Pontianak ini.

Itulah cerita jalan-jalan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada jalan-jalan berikutnya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, semoga ibadah puasa kita mendapatkan Ridho Allah SWT dan kita dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang bertakwa, amiiin .....

Pontianak, 30 Juni 2014
2 Ramadhan 1435 Hijriah

ditulis oleh : Guntur Sumitro
Foto : Samsung Galaxy Camera S4 Zoom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By