Breaking News

Selasa, 01 Juli 2014

ISTILAH-ISTILAH KHAS BULAN PUASA

Halo teman-teman, apa kabar?

Alhamdulillah, tahun ini kita bisa bertemu kembali dengan bulan yang penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan. 

Untuk menyambut bulan Ramadhan, maka tulisan saya kali ini membahas mengenai beberapa istilah khas selama bulan puasa. Istilah-istilah di sini saya ambil dari istilah-istilah agama maupun tradisi atau kebiasaan pada masyarakat kita.  

Hilal 
bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Biasanya awal bulan puasa (Ramadhan) ditentukan dengan cara melihat Hilal.

Puasa
Tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman atau keduanya, perbuatan buruk, dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Dalam kaitannya dengan ibadah, puasa mempunyai makna menahan diri atau pengendalian diri dari hal-hal yang membatalkan puasa atau yang dapat merusak pahala puasa untuk waktu tertentu yaitu mulai dari terbitnya fajar sampai waktu terbenamnya matahari.

Bulan Puasa
Yang dimaksud dengan Bulan Puasa dalam agama Islam yaitu bulan Ramadhan atau bulan Romadhon, dimana pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sesuai dengan ketentuan atau syariat agama Islam.

Obrog-obrog
Sekelompok orang atau tim yang berkeliling kampung untuk membangunkan warga untuk sahur. Di Cirebon disebut dengan Obrog-obrog. Mereka membawa peralatan musik lengkap dengan gerobak kemudian didorong keliling kampung sambil memainkan musik Dangdut Pantura atau Tarling Cerbonan.

Makan Sahur 
Kegiatan makan dan/atau minum pada dini hari yang dilakukan bagi orang yang akan melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan. Sahur juga dilakukan bagi orang yang akan melaksanakan puasa sunnah di luar bulan puasa. 

Waktu Imsak
Waktu untuk menahan diri dari apa yang membatalkan puasa. Berdasarkan jadwal imsakiyah pada bulan puasa, waktu imsak berkisar sepuluh menit sebelum waktu subuh. Waktu Imsak dan waktu Subuh untuk setiap daerah berbeda-beda. Ada yang berpendapat bahwa setelah waktu Imsak kita tidak boleh makan ataupun minum. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa pada saat Imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum.

Kuliah Subuh
Ceramah agama atau penyampaian materi/pendalaman ilmu agama yang dilakukan setelah selesai sholat Subuh. Namun istilah Kuliah Subuh juga bisa dilakukan selain bulan puasa.

Ngabuburit
Istilah ini berasal dari bahasa Sunda, yaitu burit yang artinya waktu menjelang sore hari. Bila dikaitkan dengan puasa, maka istilah ngabuburit adalah menunggu waktu berbuka puasa. Istilah ini sangat populer di kalangan remaja. Biasanya mereka melakukan kegiatan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Buka Puasa
Kegiatan mengakhiri puasa yang dilakukan pada waktu berbuka puasa atau pada waktu Maghrib. Biasanya dengan makanan atau minuman yang manis untuk membatalkan puasa. 

Buka Puasa Bersama
Anak-anak sekarang menyebutnya Bubar atau Buka Bareng. Merupakan kegiatan berbuka puasa yang dilakukan bersama-sama. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah, di masjid, di kantor, di sekolah, di rumah makan bahkan di hotel. Sekarang banyak rumah makan atau hotel yang menyediakan paket Buka Puasa Bersama. Kegiatan Buka Puasa Bersama juga bisa dilakukan bersama anak-anak yatim. 

Suasana Buka Puasa Bersama di KPNKL Pontinak
Takjil
Makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Bisa dibilang Takjil merupakan makanan pembuka sebelum kita melakukan makan besar. Biasanya terdiri dari aneka macam makanan kecil atau kudapan khas bulan puasa seperti berbagai macam kolak, bubur dan minuman yang menyegarkan.

Takjil untuk Buka Puasa

Pasar Takjil 
Tempat penjualan aneka macam makanan atau minuman untuk berbuka puasa yang menyediakan berbagai macam jenis menu makanan dan minuman khas di bulan puasa. Di Pontianak biasanya disebut dengan Pasar Juadah. Banyak makanan khas Pontianak dijual di pasar juadah, antara lain Kue Bingke, Chai Kue dan aneka macam makanan khas lainnya. 

Safari Ramadhan
Melakukan kegiatan buka puasa di Taman Safari? Jelas bukan. Yang dimaksud dengan Safari Ramadhan adalah berkeliling masjid atau desa-desa untuk berbuka puasa dan/atau sholat tarawih berjamaah bersama warga. Tujuan Safari Ramadhan adalah untuk menjalin silaturahmi antara pejabat dengan masyarakat, juga sebagai media sosialisasi program pemerintah sekaligus sebagai upaya pembinaan umat beragama melalui siraman rohani. Dalam arti yang luas, Safari Ramadhan bisa juga dilakukan selain pejabat pemerintah. 

Sholat Tarawih/Taraweh
Sholat sunnah malam pada bulan puasa yang dilaksanakan setelah sholat Isya. Sholat tarawih bisa dilakukan berjamaah atau bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Umumnya dilaksanakan di masjid secara berjamaah. Sholat Tarawih hukumnya adalah sunnah muakad yang artinya sholat sunnah yang sangat dianjurkan. 

Tadarusan/Tadarus Al-qur'an 
Mengaji atau membaca Al-qur'an dalam sebuah majelis dengan membaca secara bergantian. Satu orang membaca dan lainnya menyimak. Biasanya ada seorang ustad yang mengajari atau membetulkan apabila ada bacaan yang salah. Istilah Tadarus yang sebenarnya mempunyai arti mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji isi Al-qur'an secara lebih mendalam.

Puasa 1/2 Hari
Puasa yang dilakukan bagi anak-anak yang sedang belajar puasa. Waktunya dimulai dari terbit fajar sampai tiba waktu djuhur. Setelah berbuka puasa, anak-anak tidak berpuasa lagi. Puasa setengah hari biasanya dilakukan para orangtua untuk melatih anak-anak yang masih di bawah umur untuk berpuasa. 

Puasa Pol
Puasa yang dilakukan selama sebulan penuh tanpa pernah seharipun tidak berpuasa. Biasanya untuk anak kecil yang berhasil melaksanakan puasa selama sebulan penuh akan diberikan hadiah oleh orangtuanya sebagai motivasi untuk melatih puasa.

Puasa Bolong bolong
Puasa yang dilakukan tapi tidak mencukupi waktunya selama satu bulan. Biasanya disebabkan halangan yang membuat orang tersebut tidak dapat melaksanakan ibadah puasa. Kekurangan hitungan hari puasa dapat digantikan pada waktu lain di luar bulan puasa untuk membayar puasa yang ditinggalkan.

Pesantren Kilat
Dikenal juga dengan istilah Sanlat atau Pesantren Kilat adalah kegiatan training pendalaman ilmu agama Islam yang dilaksanakan dalam waktu singkat untuk mengisi kegiatan libur sekolah. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk mengisi liburan pada bulan Ramadhan. 

Malam Lailatul Qodar
Adalah suatu Malam yang mulia dan memiliki keistimewaan-keistimewaan tersendiri. Malam Lailatul Qodar hanya terjadi di bulan Ramadhan. Dalam Al-qur'an disebutkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qodar juga diperingati sebagai malam turunnya Al-qur'an. 

I'tikaf 
Adalah berdiam diri di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencari keridhoan dari Allah SWT. Orang yang sedang beri'tikaf disebut juga Mutakif. Biasanya dilakukan pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.

Zakat Fitrah
Zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki maupun perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Fitrah berarti keadaan manusia seperti baru dilahirkan. Dengan mengeluarkan zakat fitrah ini kita berharap akan kembali kepada fitrah. Zakat fitrah dikeluarkan khusus pada bulan Ramadhan atau paling lambat sebelum selesainya sholai Idul Fitri. Tujuan dari dikeluarkannya Zakat fitrah adalah agar para fakir dan miskin dapat ikut merayakan hari raya. 

Malam Takbir / Malam Takbiran 
Suatu malam pada akhir bulan Ramadhan atau Malam satu Syawal, yang dirayakan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia dengan mengumandangkan takbir bersama-sama. Di beberapa daerah di Indonesia, para penduduk merayakan malam takbiran dengan pawai kelililng kampung/kota sambil mengumandangkan takbir dan biasanya dilengkapi dengan menabuh bedug. Di beberapa desa/kampung, ada juga yang berpawai dengan membawa obor.  
Pawai Bedug - Foto : www.metro.news.viva.co.id
Pawai Obor - Foto : www.antaranews.com
Itulah istilah-istilah khas yang sering kita jumpai pada bulan puasa. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dalam mengisi kegiatan selama bulan puasa. Mohon maaf apabila ada penyampaian makna yang kurang tepat dalam tulisan ini. 

Semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT dan kita dijadikan manusia yang bertakwa. Amiiiin .....

Pontianak, 1 Juli 2014
ditulis oleh : Guntur Sumitro
referensi : id.wikipedia.org dan berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By