Breaking News

Selasa, 03 Juni 2014

IDE-IDE SEDEKAH

Kemarin saya dapat pesan BBM dari teman saya yang diposting di grup BB. Tulisan itu bukan tulisannya sendiri, mungkin dia juga dapat dari temannya. Semacam pesan berantai gitu deh. Tapi nggak apa-apa, yang namanya bacaan yang bagus kan wajib kita bagi kepada siapa saja. Semoga membawa manfaat. Postingan tersebut adalah tentang beberapa ide sedekah yang bisa dilakukan menjelang dan selama mengisi bulan Bulan Puasa.

Bismillaah .....

Belilah beberapa buah sandal jepit plastik atau bakiak kayu, letakkan di sekitar masjid, agar para jamaah dapat menggunakannya saat akan berwudhu. Dan anda akan menikmati pahala dari setiap orang yang memakainya.

Sisihkanlah dari hasil upah jerih payahmu, sedikit untuk disumbangkan untuk berbuka bersama anak yatim, dhuafa, para penghuni panti jompo, penjara atau saudara kita yang terabaikan.

Letakkanlah di kamarmu sebuah kotak, dimana setiap kali kamu merasa melakukan dosa, masukkan uang receh 5 - 10 ribu ke dalamnya, jika sudah genap satu bulan buka kotak itu dan bersedekahlah dengan uang tersebut. Lakukanlah ini setiap bulannya.

Letakkanlah meja kecil di depan pagar rumah atau di pinggir jalan yang biasa orang berlalu lalang. Letakkan di atasnya air mineral dan kue-kue untuk berbuka. Beri tulisan "Silakan ambil. Gratis."

Jika ada waktu luang, ajak anak-anak, keponakan, adik, kakak, dan teman-teman membagikan kurma dan air mineral di pinggir jalan raya. Berikan pada penumpang kendaraan umum (angkot) yang mungkin tidak sempat berbuka di rumah.

Belilah Mushaf (Alqur'an). Letakkan di salah satu Masjid dan bayangkan berapa pahala yang akan kamu dapat pada setiap huruf yang mereka mau membacanya. Mumpung mau bulan puasa, bisa dipakai untuk Tadarus Qur'an.

Kirimkan pesan ini ke semua kontakmu, siapa tahu ada orang yang mau mengamalkan ini, sehingga kamu pun akan diberi pahala karenanya. InsyaAllah.

Semoga bermanfaat.

Nah, bagi teman-teman yang ingin melaksanakan satu atau beberapa ide di atas silakan saja tapi kalau tidak juga tidak apa-apa. Barangkali dari beberapa ide di atas tidak bisa dilaksanakan, teman-teman bisa menciptakan ide-ide baru yang pas dengan kondisi teman-teman sekalian. Biasanya ide-ide segar muncul setelah kita jenuh dengan ide-ide yang sudah ada atau ide-ide yang itu-itu saja. Silakan cari dan gali idemu sendiri untuk bisa berbagi dan berbuat kebaikan.

Menurut saya, selain yang telah disebutkan di atas, ada beberapa ide sedekah yang bisa kita lakukan, yaitu : 

Buatlah tulisan yang bermanfaat, tulisan yang berguna yang bersifat membangun. Bisa saja tulisan tentang inspirasi atau tentang motivasi. Bisa juga tulisan yang mengajak orang untuk berbuat kebaikan. Apapun jenis dan macam tulisannya yang bisa memberi manfaat bagi orang lain atau bagi orang banyak. Jangan membuat tulisan yang menjelek-jelekkan orang atau pihak lain. Jangan buat tulisan yang menghasut atau berbau SARA. Serta jangan buat tulisan yang menyebarkan fitnah. Nggak ada salahnya kan berbagi tulisan untuk bisa mengingatkan orang lain dalam kebaikan dan kesabaran. Kemudian bagi tulisanmu melalui blog atau media sosial kepada teman-temanmu. Nah, bila tulisan kita dibaca orang lain dan itu bermanfaat, insyaAllah tulisanmu bisa menjadi amal kebaikan.

Bila kita mempunyai koleksi buku-buku yang banyak di rumah, kita bisa meminjamkan buku-buku tersebut kepada teman-teman di kantor atau teman-teman di sekitar rumah tempat tinggal kita. Misalnya untuk ibu-ibu yang mempunyai buku resep masakan bisa dipinjamkan kepada teman-teman atau tetangga di sekitar rumah. Biasanya buku resep yang paling disukai adalah resep masakan tentang menu berbuka puasa dan menu untuk makan sahur. Buku-buku selain buku resep masakan juga boleh. Buku-buku agama itu lebih baik. Tapi kalau nggak ada buku tentang agama juga nggak apa-apa kok. Pokoknya buku apa saja yang penting memberi manfaat bagi pembacanya.

Buku-buku yang bisa dipinjamkan
Kalau teman-teman nggak punya apa-apa yang bisa diberikan kepada orang lain. maka berikanlah senyuman yang paling indah sebagai sedekah. Karena senyum itu juga sedekah. Sedekah yang paling murah. Dari pada jutek terus-terusan, mendingan kamu berikan senyum buat orang lain, tapi jangan senyum terus-terusan loh, he he he .....

Nah itu ide dari saya dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Apa ide teman-teman?

Semoga tulisan ini bermanfaat. Amiiin .....


Pontianak, 5 Juni 2014
sumber isi BBM : Gatit Wilujeng.
Narasi : Guntur Sumitro
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By