Breaking News

Selasa, 20 Mei 2014

SEHAT ITU MURAH DAN MUDAH

"Pilih mana Pak, di kelas tiga tapi sehat atau di kelas VIP tapi sakit?" tanya saya kepada Pak Ismu. 

"Di kelas berapa pun yang penting sehat," jawab Pak Ismu Mantap.

Begitulah percakapan saya dengan Pak Ismu ketika kami mengikuti kegiatan sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau biasa disingkat dengan BPJS Kesehatan. Kebetulan saya dan Pak Ismu duduk bersebelahan di bangku paling depan. Kami menyimak dengan serius penjelasan Bu Endang Puryanti dan Bu dr. Catrine dari BPJS Kesehatan Kota Pontianak.

Ibu Endang Puryanti 

Ibu dr. Catrine

Saya sangat setuju dengan jawaban Pak Ismu. Saya pun begitu. Saya pasti lebih memilih sehat dari pada sakit. Biarpun dirawat di ruangan VIP yang mewah dengan segala fasilitas yang lengkap, tetap saja yang namanya sakit itu nggak enak dan nggak menyenangkan. Lagi pula, mana ada orang yang mau sakit. Meskipun banyak makanan yang enak-enak (kata orang sehat), tetap saja nggak bisa dinikmati kalo kita sedang sakit. Iya nggak? Semua makanan terasa hambar. Bila sedang sakit selera makan kita hilang entah ke mana. Jangankan dimakan, dilirik aja nggak.

Mungkin nggak cuma saya dan Pak Ismu saja yang memilih sehat ketimbang sakit. Pasti kebanyakan orang juga tentunya kepengen sehat wal a'fiat ketimbang sakit. Makanya, ayo kita jaga kesehatan kita agar nggak gampang sakit. Semoga kita selalu diberikan kesehatan supaya bisa menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik. "Pencegahan penyakit adalah obat yang sesungguhnya" kata Dr. Shigeo Haruyama dalam buku "The Miracle of Endorphin." Artinya mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Jadi jangan tunggu sampai sakit baru berobat tetapi sebaiknya melakukan tindakan pencegahan dengan cara menjaga kesehatan.

Cara menjaga kesehatan adalah dengan menjalankan 4 Pola Hidup Sehat. Waktu ikut Diklat Persiapan Purnabhakti beberapa waktu yang lalu, dr. Dodi Nugraha menjelaskan tentang 4 Pola Hidup Sehat, yaitu sebagai berikut : 

Berpikir Positif.
Hal ini penting sekali, karena pikiran kita lah yang menentukan kita sehat atau sakit. Penyakit itu datangnya dari pikiran. Untuk itu biasakanlah untuk selalu berpikir positif. Jika kita selalu berpikir positif, maka kita akan terhindar dari stres. Karena stres dapat memicu timbulnya penyakit. Bila kita selalu berpikir positif dan selalu bersyukur, maka kita akan tetap awet muda dan sehat. Jadi, marilah kita selalu berpikir positif. Lihatlah segala sesuatu yang terjadi pada diri kita dengan sudut pandang yang positif untuk mengurangi stres. Dengan begitu kita akan terhindar dari penyakit.

Pola Makan
Pola makan yang baik akan menentukan apakah kita sehat atau sakit. Makan nggak asal enak doang dan yang penting kenyang. Makan itu harus diperhatikan nilai gizinya. Makan juga sebaiknya nggak boleh berlebihan alias kekenyangan. Pilihlah makanan yang kaya protein dan serat. Seimbangkan pula dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan. Ubahlah persepsi bahwa kalau nggak makan nasi itu belum makan. Ubah juga kebiasaan bahwa sarapan itu harus nasi goreng.

Gado-gado makanan yang sehat dan lezat


Pilihlah makanan yang sehat 

Olah Raga
Kalo kita berolah raga secara teratur maka badan kita selalu fit dan segar sehingga bisa terhindar dari penyakit. Olah raga bermanfaat untuk merangsang kekebalan tubuh dan memungkinkan kita untuk menghadapi stres. Olah raga juga terbukti berhasil mengatasi depresi dan sebagai senjata yang ampuh melawan penyakit jasmani. Tidak perlu berat tetapi rutin dilakukan minimal dua puluh menit setiap hari. Bisa berjalan kaki ataupun melakukan peregangan otot.

Jalan Santai

Bersepeda

Air Putih 
Tubuh kita mengandung 70 % air. Berapakah air yang dibutuhkan tubuh kita setiap hari? Berapa rata-rata air yang dikeluarkan setiap harinya? Ternyata kebutuhan air untuk setiap orang berbeda-beda. Hal tersebut bisa kita hitung dengan rumus sebagai berikut : 

Kebutuhan Air = 0,6 Liter X 1/10 Berat Badan

Air yang kita butuhkan adalah 0,6 liter dikalikan 1/10 berat badan kita. Misalnya berat badan kita 50 Kg, maka kebutuhan air setiap hari adalah : 3 Liter per hari (24 jam).

Rata-rata air yang dikeluarkan oleh tubuh kita adalah kurang lebih : 2 Liter/hari.

Kapan sebaiknya kita minum air putih? Setiap bangun tidur minimal minum 4 gelas air putih. Bagi yang belum terbiasa pasti akan kembung dan terasa seperti mau muntah. Hal ini sebaiknya dilakukan setara bertahap. Jadi tidak langsung 4 gelas setiap hari. Mulailah minum air putih setengah atau gelas setiap hari ketika bangun tidur. Minum air putih baik juga dilakukan satu jam sebelum makan untuk menekan nafsu makan. Kemudian minum air putih satu atau dua jam setelah makan siang. Selain itu, kapan pun dan di mana pun biasakan untuk selalu minum air putih. Lebih baik kita sering bolak balik ke toilet dari pada harus bolak balik ke rumah sakit.

Segelas Kopi dan Roti Bakar

Ngopi bersama teman-teman

Apakah kita boleh minum Teh atau Kopi? Jawabannya, tentu saja boleh, tapi jumlahnya harus dibatasi. Jangan minum teh atau kopi terlalu banyak. Sebaiknya minum teh atau kopi maksimal 3 gelas dalam sehari. 

Satu lagi, jangan minum air putih sebelum tidur. Maksudnya adalah ketika kita mau tidur kita minum air putih dulu. Sebaiknya minum air putih minimal satu jam sebelum kita tidur agar tidak mengganggu tidur kita.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan untuk mencegah agar kita terhindar dari penyakit. Mencegah itu jauh lebih baik dari pada mengobati. Jadi jangan tunggu kita sakit dulu baru berobat tetapi yang lebih baik adalah melakukan pencegahan supaya kita tidak sakit. Meskipun kita punya fasilitas asuransi kesehatan tetapi semoga fasilitas itu tidak kita gunakan, karena kita semua berharap untuk tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Pontianak, 21 Mei 2014
ditulis oleh : Guntur Sumitro

Referensi :
Modul Materi Pelatihan Masa Persiapan Purnabhakti, LP2ES Learning Center
Materi Presentasi dr. Dodi Nugraha
Buku The Miracle of Endorphin, Dr. Shigeo Haruyama  

Berfoto bersama setelah acara sosialisasi BPJS 

Bapak Anugerah Komara

1 komentar:

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By