Breaking News

Senin, 19 Mei 2014

NUGGET LELE CRISPY

Siapa bilang memasak itu hanya urusan ibu-ibu saja. Bagi bapak-bapak yang nggak tinggal sama keluarganya alias bulok, ketrampilan memasak harus selalu diasah terutama kalo bosan dengan menu masakan warung. Biasanya ketrampilan memasak timbul bila dalam keadaan terpaksa alias kepepet. Yang gampang dibuat tentu saja mie rebus atau mie goreng instan. Hampir semua bulok atau anak kos pasti bisa masak mie instan. Masaknya praktis dan nggak ribet. Itulah sebabnya mie instan punya fans yang banyak. Katanya, kembali ke selera asal (maksudnya asal nggak kelaparan).

Namun bila kita terlalu sering makan mie instan bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan. Selain mie instan, makanan praktis yang lain yaitu nugget. Beraneka macam jenis nugget banyak dijual di pasar swalayan. Biasanya kita beli untuk persediaan isi kulkas. Nugget bisa digoreng kapan saja sebagai teman makan nasi. Praktis, bukan?

O iya, kita juga bisa kok bikin nugget sendiri. Bahan-bahannya apa saja ya? Terus, bagaimana cara membuatnya? Kita bisa membuat nugget sesuai dengan selera kita sendiri. Olahan nugget ini juga bisa dilakukan bagi bapak-bapak yang punya hobby memancing. Biasanya hasil mancing cuma diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Kenapa nggak coba cara lain mengolah hasil memancing.

Ketika saya ikut diklat persiapan pensiun beberapa waktu lalu, saya dan teman-teman peserta diklat dibekali dengan ketrampilan cara membuat nugget. Bahan dasar yang digunakan adalah ikan lele. Dalam kegiatan kunjungan ke lapangan kami memang belajar tentang cara beternak ikan lele. Selain itu kami juga diberikan ketrampilan membuat nugget ikan lele. 

Cara membuatnya gampang kok. Resepnya saya dapat dari Bu Rita yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK  Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Ibu Rita menjelaskan cara beternak ikan lele

Resep Nugget Original
ala Tim Penggerak PKK Kelurahan Banjar Serasan, Pontianak.

Bahan-bahan :
4 Ons fillet ikan lele
3 butir telur ayam
2 buah wortel, parut halus
1 ons tepung terigu
2 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
1/2 sdt merica halus
1/2 sdt garam halus beryodium
1 sdt gula pasir
bumbu penyedap secukupnya
minyak goreng
tepung panir
air 180 ml
daun bawang

Tepung Tapioka dan Tepung Terigu 

Tepung Panir

3 butir telur ayam 

Bumbu Pelengkap

Cara mengolah :
Blender fillet ikan sampai halus, lalu campur dengan satu butir telur ayam, parutan wortel, tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, merica, daun bawang dan garam. Aduk hingga rata.

Membuat fillet ikan lele 

Mengambil daging ikan lele 

Adonan nugget siap dikukus

Siapkan loyang, olesi dengan margarin atau minyak goreng tipis-tipis. Masukkan adonan, lalu ratakan.

Kukus adonan hingga matang. Setelah itu angkat dan dinginkan.

Nugget Kukus

Potong-potong sesuai selera atau boleh dicetak dengan bentuk yang cantik. Taburi dengan sisa terigu.

Kocok sisa telur, lalu celupkan potongan nugget ke dalamnya. Gulingkan dalam tepung panir, lalu goreng hingga kecoklatan.

Nugget yang sudah dilumuri tepung panir

Bu Rita dkk sedang menggoreng nugget lele

Nugget Lele Crispy siap dinikmati

Nah, gimana? Gampangkan? 

O iya, bahan dasar ikan lele bisa diganti dengan daging ayam. Bisa juga disesuaikan dengan hasil mancing. Nugget bisa langsung digoreng atau bisa juga disimpan di dalam kulkas. Bila mau dimakan tinggal digoreng. Rasanya pasti maknyuss.... !!

Buat bapak-bapak yang nggak mau bikin nugget sendiri, bisa minta tolong sama istrinya untuk dibuatkan nugget dengan menggunakan rumus di atas. 

Selamat mencoba.

Pontianak, 20 Mei 2014.
ditulis oleh : Guntur Sumitro         

1 komentar:

  1. ok, langsung dicoba di rumah, tapi ganti ikannya...

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By