Breaking News

Kamis, 15 Mei 2014

KOKTIL SEGAR ALA PAKABU

Apa yang terlintas dalam pikiran anda bila mendengar kata Bangkoang? Mungkin bagi ibu-ibu yang terlintas adalah sebuah produk kecantikan yaitu Masker Bangkoang. Produk kecantikan ini dipercaya bisa mengencangkan, memutihkan kulit wajah, menjadikan wajah tampak bersih, segar, cantik dan menarik. 

Tapi kali ini saya nggak akan membahas tentang Masker Bangkoang. Saya akan membahas tentang minuman segar yang menjadi salah satu minuman favorit saya. Cara membuatnya gampang kok. Tidak perlu keahlian khusus dan juga nggak perlu ikut kursus. Salah satu bahannya adalah bangkoang. Minuman tersebut adalah Koktil atau juga dikenal dengan nama Setup Buah.

Pertama, kita harus menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan untuk membuat koktil adalah bangkoang, pepaya mengkal (setengah matang), Nanas dan Labu Siam yang biasa dimasak sebagai sayur.

Bahan-bahan untuk membuat Koktil
Bahan-bahan tersebut bisa kita beli di pasar atau juga bisa dipesan ke tukang sayur yang biasa lewat depan rumah. Kita juga bisa nitip sama tetangga kalo dia mau pergi ke pasar. Bahan-bahan yang baik akan menghasilkan koktil yang baik pula.

Bahan-bahan tadi dikupas kulitnya lalu dipotong kecil-kecil seukuran dadu atau sesuai selera anda. Bisa juga menggunakan pisau bergelombang atau cukilan buah untuk menghasilkan bentuk bulatan. Setelah itu bahan-bahan tadi dicuci sampai bersih untuk membuang remah-remah atau potongan kecil-kecil yang tidak kita inginkan.

Pepaya setengah matang

Bangkoang (Bengkuang)

Labu Siam

Nanas setengah matang
Untuk sementara kita tinggalkan bangkoang dan teman-temannya tadi, biar mereka istirahat dulu. Nah, sekarang kita siapkan bumbu untuk membuat koktil. Bumbu yang harus disiapkan adalah gula pasir dengan ukuran sesuai selera anda, lalu garam sedikit saja kira-kira setengah sendok teh atau sesuai selera anda. Kemudian asam sitrat atau citrun untuk memberi rasa asam. Citrunnya hanya sedikit saja kira-kira seperempat atau setengah sendok teh dan bisa disesuaikan rasanya. Terakhir adalah dua batang kayu manis atau cinnamon. Ukuran kayu manisnya bisa disesuaikan menurut selera anda kira-kira seukuran jari telunjuk. Bisa juga seukuran jari tengah atau jari manis, itu nggak jadi soal.  

Gula Pasir dan Citrun
Kayu Manis Dua Jari
Cara membuatnya adalah kita masak kira-kira dua liter air. Dimasak sampai air mendidih. Setelah itu masukkan gula pasir lalu diaduk-aduk sampai larut kemudian masukkan garam, citrun dan kayu manis. lalu diaduk-aduk lagi sampai aroma kayu manisnya tercium. Cicipi sampai menghasilkan rasa yang benar-benar pas. Masukkan bangkoang, pepaya, nanas dan labu siam. Masak sebentar sampai bumbu-bumbu tadi meresap ke dalam bahan. Ingat, jangan terlalu matang. Ukuran yang pas adalah bahannya sudah layu tapi masih sedikit keras, sehingga kalau digigit masih terasa kres-kres.

Agar bahan-bahan yang dimasak tidak hancur, sebelum dimasak, bahan-bahan tersebut terlebih dahulu direndam dengan air kapur sirih selama satu jam. Cuci dulu sampai benar-benar bersih sehingga larutan kapur sirih tidak terbawa sebelum dimasak. Rendaman air kapur sirih membuat bahan-bahan keras dan tidak mudah rusak jika dimasak.

Kapur Sirih 
Cicipi sampai rasanya benar-benar pas. Rasa koktil yang pas adalah yang tidak terlalu manis atau manisnya pas. Jangan terlalu asam. Aroma kayu manis benar-benar meresap ke dalam bahan dan kuahnya. Biarkan sampai koktil benar-benar dingin. Setelah itu masukkan dalam lemari pendingin. Koktil lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan dingin. Bisa juga ditambahkan dengan es batu. Hm ... aromanya harum dan rasanya segar.  

Selamat mencoba.

Koktil Segar siap dihidangkan


Testimoni

Pontianak, 16 Mei 2104
ditulis oleh : Guntur Sumitro
Kamera : Samsung Galaxy S4 Zoom
Video Editor : Yudhistira

Terimakasih atas testimoninya :
Hermanus Lintang Asmarawan
Jevan Sunarko
Hadi Kusuma
Diana Sari
R. Nuning Budiarti
Rima dan Yanti

2 komentar:

  1. foto hasil jadi dan tester untuk dicoba oenghuni bagian umum mana pak? hehehe....

    BalasHapus
  2. Sekarang sudah ada testimoninya. Terimakasih buat para pencicip Koktil Segar ala Pakabu ... Tetap sehat dan tetap semangat !

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By