Breaking News

Minggu, 04 Mei 2014

AIR TAHU

Suatu hari saya pernah makan di salah satu tempat makan di Kota Pontianak. Waktu itu saya bersama beberapa teman kantor. Lebih tepatnya bisa dibilang sarapan. Ada beberapa menu sarapan pagi, diantaranya adalah soto ayam, nasi kuning, nasi uduk, lontong sayur dan lain-lain. Saya memilih nasi kuning, lalu teman-teman memilih menu sarapannya sesuai selera masing-masing.

Biasanya pelayan warung menanyakan satu per satu menu makanan apa yang kami pesan. Setelah mencatat pesanan makanan, biasanya dia juga akan menanyakan minuman apa yang mau dipesan. Pelayan tadi menyebutkan beberapa jenis minuman, diantaranya adalah es teh manis, air jeruk, air tahu dan air kacang.

Dari beberapa jenis minuman yang disebutkan tadi ada satu yang terasa aneh di telinga saya, yaitu air tahu. Saya berpikir air tahu itu adalah air yang berasal dari pabrik tahu. Air dari hasil proses pengolahan tahu atau air limbah tahu. Ternyata saya keliru. Air tahu itu tak lain dan tak bukan adalah nama lain dari susu kedelai atau sari kedelai.

Matahari Mall, Pontianak

Nah, tempat jualan air tahu di Pontianak yang jadi favorit saya lokasinya berada di jalan Urip pas di depan Mall Matahari. Jualannya pake gerobak tapi mangkal di sana dari pagi sampe sore. Yang jualan namanya Pak Slamet dibantu istrinya bernama Bu Tila. Selain air tahu ada juga air tahu isi dan juga minuman sari kacang. Air tahu isi adalah air tahu ditambah kembang tahu yang sangat lembut dengan taburan gula aren di atasnya. Kita tinggal pilih, mau diminum hangat atau dingin. Rasanya benar-benar segar dan menyehatkan. Siang-siang minum air tahu pake es batu sangat pas di tengah cuaca yang sangat terik di Kota Pontianak.

Pak Slamet dan Bu Tila, Penjual Air Tahu

Daftar Harga

Harganya murah kok. Sangat terjangkau dan nggak bakal bikin kantong bolong. Segelas air tahu harganya cuma empat ribu perak. Sedangkan air tahu isi dan sari kacang hijau harganya cuma lima ribu perak. Jadi tunggu apalagi, ayo buruan ke sana. Kalo nggak tahu tempatnya, cari aja toko MULTI Sport & Music yang bersebelahan dengan toko Harmonis Photo & Bridal.

Tempat mangkalnya air tahu

Minuman Air Tahu

 Air Tahu Isi

Sari Kacang Hijau





Pontianak, 5 Mei 2014.
ditulis oleh : Guntur Sumitro     

2 komentar:

  1. Kalau di Malang ada Tahwa, isinya kembang tahu diberi kuah air jahe panas ditambahi kacang goreng. Enak rasanya, pas dimakan kalau cuaca dingin...

    BalasHapus
  2. Olahan kedelai dg ciri khas sesuai daerahnya masing-masing

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By