Breaking News

Senin, 07 April 2014

POKOK'E JOGED

"Pak mkasih byk ya sdh brsedia jd instruktur hari ini. Org2 pd nanya, itu karyawan cabang mana? Sy blg itu bkn org bank kalbar, itu org kemenkeu. Terkejut mereka."

"Penampilannya luar biasa lincah dan kocak."

Dua pesan singkat dari Mbak Anty, pegawai Bank Kalbar. 

Kamis sore, Mbak Anty telpon saya. Dia minta saya jadi instruktur untuk lomba joged dalam rangka HUT Bank Kalbar pada hari Minggu besok (23 Maret 2014). Saya bilang siap.

Sebetulnya kurang pas kalo disebut instruktur, lebih pas dibilang Pemandu Joged. Pemandu Joged akan memandu para peserta lomba joged untuk berjoged mengikuti gerakan Si Pemandu Joged. Kalo instruktur memberi instruksi atau perintah, tapi kalo Pemandu Joged memberikan contoh gerakan yang harus diikuti oleh para peserta lomba.

Mbak Anty juga bilang lewat telpon bahwa saya harus menyiapkan CD atau VCD sebagai iringan dalam lomba joged nanti.

Saya berusaha cari CD atau VCD yang berisi iringan musik yang rata-rata banyak dijual di distro (di sepanjang trotoar) dan banyak juga dijual di emper-emper toko. Jum'at siang saya cari di Mall Matahari, tapi nggak ada CD yang berisi lagu Buka Sitik Joss atau yang biasa dikenal dengan YKS. Kebanyakan VCD yang dijual adalah kumpulan lagu-lagu penyanyi aslinya ataupun VCD Cover Version. 

Sabtu, 22 Maret 2014, saya ditemani Tony mencari Cd dan VCD di toko Harum Manis di jalan Agus Salim, Pontianak. Ternyata di sini juga nggak tersedia lagu-lagu yang biasa dinyanyikan pada acara Yuk Keep Smile di Trans TV.

Hari Minggu pagi saya datang ke GOR Pangsuma, Pontianak untuk memenuhi permintaan Mbak Anty. Ketika saya telpon, rupanya Mbak Anty masih on the way. Saya diminta untuk menunggu sebentar. Nggak lama kemudian saya dikenalkan dengan atasan Mbak Anty. Saya kemudian diberikan pengarahan tentang teknis lomba joged yang akan digelar.

Iringan musiknya live berupa organ tunggal plus gendang dangdut dan penyanyinya lengkap. Jadi pada saat lomba nanti saya memandu para peserta di depan. Jurinya juga sudah disiapkan, ada lima orang ibu-ibu pejabat.

Para pesertanya terdiri dari lima regu. Masing-masing regu jumlahnya bebas. Penilaian berdasarkan kekompakan dan semangat regu.

Lagu iringan buat lomba joged ini adalah lagu Oplosan. Untung saya masih ingat gerakannya padahal sudah lama juga saya nggak nonton acara YKS. Tapi sudah kepalang tanggung, diingat-ingat aja, kalo nggak bisa ya improvisasi deh. Yang penting tampil maksimal dan harus profesional.

Tibalah acara lomba joged goyang oplosan. Pembawa acara memanggil para peserta untuk memasuki arena lomba joged. Setelah itu pembawa acara memperkenalkan para juri. Tak lupa pula memperkenalkan saya sebagai pemandu joged yang akan memandu para peserta.

Pembawa acara langsung mengumumkan juaranya. Juara pertama adalah Kantor Pusat Bank Kalbar. Juara kedua adalah Kantor Cabang Utama Pontianak dan sebagai juara ketiga adalah Ibu-ibu anggota Darma Wanita.

Selesai memandu joged saya istirahat sambil makan pisang dan jagung rebus yang sudah disiapkan panitia. Ternyata capek juga ya joged. Seluruh badan gerak semua. Apalagi saya begitu semangat dan enerjik. Keringat bercucuran dari sekujur badan saya. Kaos saya pun basah.

Nggak lama kemudian, Mas Didit, salah seorang panitia menghampiri saya. Dia mengucapkan terimakasih sambil menyelipkan uang di tangan saya saat bersalaman. 

"Maaf ya, Pak. Nggak pake amplop," begitu kata Mas Didit. 

Langsung saya kantongi uang tersebut. Pikir saya, "Yang penting kan bukan amplopnya." Wah, lumayan juga nih. Joged sebentar honor langsung keluar. Kerja sedikit tapi dapat duit. 

Ketika saya berjalan ke arah mobil, saya intip uangnya. Jumlahnya lumayan, bisa buat beli kaos dan bisa buat jajan sampai akhir bulan.

Pengalaman yang seru dan mengasyikkan. Saya jadi ingat iklan jual beli di televisi :  


"Kalo bisa jadi duit, kenapa nggak ... !" 

Alhamdulillaah, terimakasih Ya Allah, Engkau telah memberikan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Pontianak, 8 April 2014


 Foto hanya ilustrasi

    Foto hanya ilustrasi

Bersama anak-anak dalam acara HUT DJKN
  

4 komentar:

  1. Bisa buat ide nanti kalau ultah DJKN kita adain lomba joged ya pak... (eh, tahun kemarin udah ada ya...???)

    BalasHapus
  2. Mantap, bakar lemak, buang racun melalui keringat, cara sehat yang murah itu Mas :D

    BalasHapus
  3. Terimakasih Bro Heru Lesmana

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By