Breaking News

Sabtu, 22 Februari 2014

WISATA KULINER PONTIANAK

Satu tahun sudah aku bertugas di Bumi Khatulistiwa ini, tepatnya di Kota Pontianak. Ada beberapa tempat nongkrong yang paling asyik untuk dinikmati di sini, setidaknya yang bisa kuhimpun dari teman-teman kantorku dan juga dari teman-teman yang sudah lama tinggal di Pontianak. 

Memang yang aku tulis di sini masih belum seberapa, tapi setidaknya bisa jadi referensi wisata kuliner buat teman-teman yang akan berkunjung ke Pontianak.

WK. Suka Hati
WK adalah singkatan dari Warung Kopi. WK Suka Hati terletak di jalan Tanjung Pura No. 17 Pontianak. Tempat ini menyediakan kuliner khas Pontianak, yaitu minuman kopi dan aneka makanan khas Pontianak berupa Pisang Goreng Pontianak dan Keladi Goreng Pontianak. Tempat ini hanya buka siang hari. Suasananya asyik cocok untuk tempat santai sambil ngobrol dan bercengkrama bersama teman dan sahabat.





WK. Winny
Sama seperti WK Suka Hati, tempat ini pun menyuguhkan  minuman kopi sebagai andalannya. Selain kopi juga ada aneka minuman lainnya dan aneka kudapan ringan yang cukup mengenyangkan. Tempat ini buka selama 24 jam, tetapi lebih ramai bila malam hari. Lokasinya di Jalan Gajah Mada, persis di seberang Hotel Orchardz dan Restoran Gajah Mada. Setiap ada tamu, pasti aku ajak mereka untuk bersantai sambil ngopi di sini. Sebagian dari mereka sangat terkesan dengan suasananya yang khas Pontianak.

WK. Asiong
Sama halnya dengan WK. Suka Hati dan WK. Winny, tempat ini juga merupakan tempat yang menyuguhkan minuman kopi sebagai sajian khasnya. Tempat ini juga dikenal dengan nama Warung Kopi Merapi karena letaknya di Jalan Merapi. Tempat ini buka mulai  dini hari, puncak ramainya sekitar jam 7 - 8 pagi saat orang-orang mencari sarapan. Aku sudah beberapa kali ke tempat ini bersama teman kantorku dan juga sesekali bersama bosku. Selain minuman kopi dan aneka jajanan ringan juga ada bubur ayam dan gado-gado khas Pontianak dijual di tempat ini.

Rumah Makan Rio
Terletak di Jalan Merdeka, Pontianak. Sekilas rumah makan ini mirip dengan Rumah Makan Padang, tapi bila kita sudah masuk akan terasa bedanya. Di tempat ini menyajikan aneka masakan khas Pontianak atau bisa dibilang masakan khas Melayu seperti Ikan Asam Pedas, Pajeri Nanas dan masakan khas Melayu lainnya. Tempat ini sangat ramai pengunjung pada siang hari ketika jam makan siang. Aku dan beberapa teman kantor pernah juga makan siang di tempat ini.

Rumah Makan Rio II

Mie Tiau Apollo dan Mie Tiau Polo
Baik Mie Tiau Apollo maupun Mie Tiau Polo sama-sama terletak di Jalan Patimura Kota Pontianak. Tempatnya bersebelahan. Sajian utamanya adalah Mie Tiau dengan mie yang lebar-lebar, kalau di Jawa biasa disebut dengan Kwetiau. Tempat ini buka sore hari dan ramai dikunjungi pembeli pada malam hari bahkan hingga tengah malam. Keunikan dari tempat ini adalah letaknya yang bersebelahan. Di depan toko Mie Tiau Polo ada tulisan yang berbunyi "Pindahan dari sebelah" sementara di depan toko Mie Tiau Apollo bertuliskan "Tidak Pernah Pindah" Hal itulah yang menjadi ciri khas dan keunikan selain kelezatan rasanya.




Tom Yam Pak Long
Tempat ini terletak di dekat Jembatan Kapuas I persis di dekat perempatan lampu merah Jalan Imam Bonjol Gg. H. Mursid I. Tempat ini menyajikan makanan khas Thailand yaitu Tom Yam dan Nasi Goreng Pattaya, selain itu juga tersedia aneka menu lainnya yang menemani saat makan siang anda. Tempat ini buka siang dan malam hari. Jam ramai pengunjung adalah saat makan siang. Pemiliknya, Mas'udi Husin yang merupakan pensiunan polisi membuka usaha kuliner ini pada tahun 1998. Pak Long adalah istilah dalam bahasa Melayu untuk menyebut anak pertama atau anak tertua dalam keluarga.



Es Krim Angi
Terletak di Jalan KS. Tubun Pontianak, tempat ini menyajikan suguhan khasnya berupa Es Krim. Es Krim ini juga dikenal dengan nama Es Krim Santu Petrus, karena di depannya terdapat sekolah SMP dan SMA Santu Petrus. Bukan sembarang es krim tentunya tetapi es krim yang lain dari pada yang lain dan hanya ada di Pontianak. Keunikannya adalah wadah es krimnya terbuat dari buah kelapa yang dibelah menjadi dua. Sehingga menambah sensasi dalam menikmati cita rasa es krimnya. Tempat ini buka pagi sampai sore hari. Puncak keramaiannya adalah di atas jam 12 siang ketika jam pulang sekolah. 



Che Hun Tiau
Bagi anda yang belum tahu, Che Hun Tiau adalah semacam minuman yang mirip dengan cendol tetapi terbuat dari tepung sagu atau kanji. Warnanya putih, bentuknya mirip seperti so'un. Semangkuk Che Hun Tiau terdiri dari Che Hun Tiau, Ketan Hitam, Kacang Merah dan Cincau Hitam. Cara penyajiannya adalah dengan santan kelapa cair dipadu gula aren dan ditambah es batu yang dihancurkan. Menikmati Che Hun Tiau bersama teman-teman dan sahabat sangat pas ditengah cuaca Kota Pontianak yang panas. Jangan datang kesiangan, karena tempat ini akan tutup jika Che Hun Tiau-nya sudah habis antara jam 1 atau jam 2 siang.




Burjo Yamaha
Tempat ini menyediakan makan berupa bubur kacang ijo tetapi tidak sama temannya yaitu bubur ketan item. Selain itu juga menyediakan minuman khas yaitu liang teh. Ada 2 rasa yaitu liang teh manis dan liang teh pahit. Terletak di jalan Tanjung Pura di depan dealer Yamaha. Tempat jualannya persis di bawah plang iklan Yamaha, itulah mengapa tempat ini saya namakan Burjo Yamaha. Bubur kacang ijonya enak dengan rasa yang pas di lidah dan harganya juga pas di kantong. Suasanya asyik bila malam hari sambil menyaksikan kendaraan yang lewat di jalan Tanjung Pura.






Pontianak, 23 Februari 2014
(ditulis oleh : Guntur Sumitro)  

1 komentar:

  1. Lengkap banget dah referensinya nih Pak, pokoke kalau di Pontianak mangan terussss... :-)

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By