Breaking News

Selasa, 25 Februari 2014

MINUMAN KHAS PONTIANAK

Ada beberapa jenis minuman khas Pontianak yang wajib anda coba ketika anda berkunjung ke Pontianak, sebagai berikut :

Es Jeruk Besar
Minuman Es Jeruk di Jakarta dan beberapa kota lainya mungkin terdengar sudah biasa. Bila anda berkunjung ke Pontianak, kita akan menemukan dua macam jenis minuman es jeruk. Yang Pertama adalah Es Jeruk Besar. Minuman ini terbuat dari jeruk besar, yaitu Jeruk Sambas yang terkenal manis. Kalau di Jakarta sering disebut Jeruk Pontianak.  

Es Jeruk Kecil 
Minuman ini adalah jenis minuman kedua dari es jeruk yang terbuat dari jeruk kecil. Jeruk ini biasanya disajikan sebagai pendamping soto atau bakso. Rasanya yang asam berpadu dengan rasa manis begitu menyegarkan. Cocok dinikmati di tengah panasnya kota Pontianak. 

Jeruk Kecil atau Jeruk Sambel
Es Lidah Buaya
Minuman ini merupakan salah satu minuman khas Pontianak. Kota Pontianak merupakan pusat agro industri lidah buaya atau juga dikenal dengan nama Aloe Vera. Jadi bila anda berada di Kota Pontianak sebaiknya menikmati minuman ini, bukan minuman yang lain. Selain rasanya yang menyegarkan, daging dari daun lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Air Tahu / Ae' Tahu
Mungkin namanya terdengar sedikit aneh. Minuman jenis ini sebenarnya adalah Susu Keledai ups sorry maksudnya Susu Kedelai atau Sari Kacang Kedelai. Di Pontianak biasa disebut Air Tahu atau Ae' Tahu. Bisa dinikmati hangat maupun dingin. Anda tinggal pilih yang pas dengan selera anda.
 Air Tahu (Sari Kedelai)

Air Tahu Isi (Kembang Tahu)
Harga Bersahabat

Jus Sawo
Sekilas tidak ada yang aneh dari minuman ini. Minuman ini memang terbuat dari buah sawo yang notabene banyak terdapat di tempat lain. Tapi di kota Pontianak minuman ini sudah umum dan banyak terdapat di beberapa restoran. Rasanya manis menyegarkan dengan sedikit rasa sepet dari getahnya. Sensasi rasanya sungguh luar biasa.
Jus Sawo

Air Kacang
Yang dimaksud Air Kacang adalah Air Kacang Hijau. Minuman ini terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air yang banyak. Satu gelas Air kacang biasanya hanya sedikit sekali kacang hijaunya tetapi airnya sangat banyak. Rasanya manis mirip dengan rasa kuah bubur kacang hijau. Bisa dinikmati hangat atau dingin. Rasanya nikmat menyegarkan sekaligus menyehatkan.

Es Rujak
Di beberapa tempat makan tersedia jenis minuman ini. Rasanya seperti rasa rujak, manis, asin, asem dan pedas. Bisa menghilangkan rasa ngantuk terutama bagi anda yang melakukan perjalanan jauh. Tidak semua tempat menyajikan jenis minuman ini.

Che Hun Tiau
Minuman ini juga dikenal dengan nama Cendol Pontianak. Sebenarnya minuman ini adalah bukan murni minuman karena banyak campurannya. Rasanya selain menyegarkan juga mengenyangkan. Karena isinya macam-macam, yaitu Che Hun Tiau, Kacang Merah, Ketan Hitam dan Cincau Hitam dicampur dengan santan, gula aren dan Es batu. Rasanya begitu menggoda. Sekali mencoba pasti anda langsung suka, karena Che Hun Tiau bukan Cendol Biasa.

Che Hun Tiau

Es Air Tebu
Sebenarnya nggak bisa dikatakan minuman khas, cuma saja di Pontinak ini banyak sekali orang berjualan Es Air Tebu di pinggir jalan. Bertebaran di mana-mana seperti ATM. Suasana kota Pontianak yang panas sangat cocok untuk menikmati jenis minuman ini. Selain harganya yang murah, rasanya juga manis dan menyegarkan.
Es Tebu


Liang Teh
Di kota Pontianak banyak juga ditemukan orang yang berjualan Liang Teh. Bukan jenis liang teh dalam kemasan kaleng tetapi dijual pakai gerobak dorong. Bisa diminum hangat atau dingin. Selain menghilangkan dahaga, minuman ini juga berkhasiat meredakan panas dalam.  Tersedia dalam 2 rasa, yaitu pahit dan manis.

Itulah beberapa jenis minuman yang bisa kita temukan di Kota Pontianak ini, silakan pilih jenis minuman yang pas dengan selera dan suasana hati anda. Karena anda yang memilih dan anda yang menentukan.

Semoga bermanfaat.


3 komentar:

  1. Penasaran banget ama jus sawo mas Goen.
    aku kan suka banget ma sawo. Sekilo mah abis sendirian deh.

    BalasHapus
  2. Iya Mas Aang,buah sawo emang enak dimakan begitu aja tapi enak juga dibuat jus, kalo di restoran kan tinggal pesan aja he he .....

    BalasHapus
  3. ketan hitamnya begitu menggoda pak... :D

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By