Breaking News

Jumat, 21 Februari 2014

INFO WISATA KOTA SINGKAWANG

Berikut ini beberapa tempat menarik di Kota Singkawang yang patut untuk dikunjungi :

Pasar Hongkong 
Pasar Hongkong terletak di pusat kota sepanjang jalan Setiabudi. Aktifitas pasar dimulai sejak sore sampai dini hari. Kita bisa menikmati aneka makanan khas Singkawang dengan harga yang bervariasi. 

Taman Burung dan Water Front
Lokasi Taman Burung dan Water Front dipisahkan oleh Sungai Singkawang yang berada di pusat kota. Taman Burung terletak di Jalan Merdeka samping mess Pemkot sedangkan Water Front terletak di jalan Pemuda. Kedua tempat ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya
Vihara ini merupakan vihara tertua dari semua vihara yang ada di kota Singkawang. Vihara ini dibangun pada tahun 1933. Terletak di pusat kota dekat masjid Raya 'Tambi' tepat di perlimaan jalan Sejahtera. Masyarakat keturunan Tionghoa mempercayai bahwa vihara ini adalah tempat berdiam dewa Bumi Raya.

Taman dan Danau Teratai Indah
Daya tarik tempat ini adalah selain dikelilingi pegunungan dan perbukitan, danau ini ditumbuhi tanaman teratai. Lokasinya berada di jalan Burhani. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga.

Taman Bukit Bougenville
Terletak di jalan Pertanian, Desa Sijangkung, 6 kilometer selatan kota Singkawang. Tempat ini dikelilingi oleh area hutan dan perkebunan. Tempat ini dilengkapi beberapa fasilitas, yaitu gazebo, kolam renang mini untuk anak-anak, musholla dan arena parkir yang luas.

Sinka Island Park
Tempat ini terletak di selatan kota, sekitar 3 km dari jalan Singkawang - Pontianak. Tempat ini merupakan kawasan pantai yang indah dan dilengkapi kebun binatang (Sinka Zoo).

Taman Pasir Panjang Indah
Terletak 17 km dari jalan Singkawang - Pontianak, selatan kota. Merupakan kawan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas. Sangat cocok untuk liburan keluarga, Family Day perusahaan dan urusan bisnis lainnya.

Palm Beach
Lokasinya bersebelahan dengan Taman Pasir Panjang Indah. Letaknya sekitar 17 kilometer dari pusat kota Singkawang. Dilengkapi dengan fasilitas hotel, kolam renang, cafetaria, bumi perkemahan, arena offroad, volley pantai. Cocok untuk menyalurkan hobby yang menantang.

Wisata Alam Gunung Roban
Terletak sekitar 4 km sebelah timur dari pusat kota Singkawang. Tempat ini merupakan kawasan cagar alam dengan luas sekitar 4 ha. Tempat ini sangat cocok untuk hiking dilengkapi dengan jalan bertangga untuk menuju ke puncak. Setelah tiba dipuncak kita dapat melihat keindahan kota.

Wisata Alam Gunung Poteng
Merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan Cagar Alam Gunung Pasi di sebelah timur kota. Dapat ditempuh melalui jalan raya Singkawang - Bengkayang. Terdapat berbagai jenis folra seperti Bunga Bangkai, Bunga Bintang dan beberapa jenis Anggrek. Tempat ini sangat cocok untuk para pencinta alam.

Pusat Kerajinan Keramik
Terletak di daerah Sekok Desa Sedau arah selatan kota. Dikerjakan dengan cara tradisional dengan berbagai motif yang menarik seperti bunga mawar, naga, delapan dewa yang mencerminkan tradisi masyarakat Tionghoa.

Foto by : Guntur Sumitro

*****

2 komentar:

  1. wisata kecil yang punya potensi luar biasa masih banyak om...
    seperti danau biru, air terjun eria, cibuhe, trus seperti pulau batu burung... belum lagi pulau lepas nya... keren artikelnye om..

    BalasHapus
  2. Iya makasih Endar, baru segini dulu nanti bisa diedit dan ditambahkan lagi. Kalo mau 'menjual' Kalimantan Barat maka 'juallah' Singkawang karena sdh jadi ikon yg mendunia. tinggal kerjasama pemerintah dan pihak swasta khusunya yg bergerak di bidang pariwisata hrs segera berbenah diri

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By