Breaking News

Kamis, 10 Oktober 2013

WARUNG KOPI PONTIANAK

Oleh : Guntur Sumitro

Ada pepatah yang mengatakan, Panas setahun dihapus hujan sehari. Tapi kali ini gue nggak akan ngebahas arti dan maksud dari pepatah itu. Gue mau ngebahas soal iklim di Kota Pontianak. Apa hubungannya? (Kalo ada hubungan, jawabnya A, kalo nggak ada jawabannya B). Itu kan bisa-bisanya penulis aja. 

Iklim di Pontianak nggak kaya pepatah itu kok. Yang panasnya setahun terus hujannya cuma sehari doang. Di Pontianak ada dua musim yaitu musim panas dan musim hujan. Tapi panas dan hujannya selang seling kok, nggak tentu juga. Kadang sehari panas sehari hujan, kadang siangnya panas malamnya hujan. Pokoknya panas dan hujan saling kejar-kejaran. 

Terus apa hubungannya dengan warung kopi? Eit, tenang jak, sabar lok, ntar lok. Pasti ada hubungannya, nanti juga ke sana kok. Mau cerita ngopi di warung kopi aja pake ngebahas cuaca segala. Jadi begini sodara-sodara sebangsa dan setanah air. Kita mau ngebahas soal kuliner di Pontianak, tapi harus disesuaikan dengan cuacanya dong. Kalo lagi panas-panasnya cocoknya minum yang seger-seger atau minum yang dingin-dingin. Salah satunya adalah minuman khas Pontianak yaitu Cendol Pontianak alias Che Hun Tiau (baca : Cendol Pontianak). Selain itu kita juga bisa menikmati Es Krim Angi Santo Petrus. Es Krim ini sangat cocok buat dinikmati kalo cuaca lagi panas. Es Krim Angi berada di Jalan KS. Tubun di depan Sekolah Kristen Santo Petrus, makanya Es Krim ini juga dikenal dengan nama Es Krim Santo Petrus. Rasanya enak luar biasa. Penyajiannya bisa dengan buah kelapa yang dibelah sebagai wadah yang menyerupai mangkok. Dan satu lagi dengan Cup atau gelas plastik kecil. Pilihan rasanya juga macem-macem loh, Vanilla, Coklat, Stroberry dan Duren. Kalau mau dicampur juga boleh. 

Itu kan kalo lagi panas. Gimana kalo cuaca lagi mendung atau hujan. Tenang aja, kita nggak perlu kuatir karena ada kok tempat yang cocok buat nongkrong kalo kebetulan hari lagi hujan. Kita bisa ngopi sambil ditemani gorengan. 

Salah satu tempat ngopi yang aku rekomendasikan adalah WK. SUKA HATI. Wk adalah singkatan dari Warung Kopi. Letaknya di Jalan Tanjung Pura, buka dari pagi sampe sore aja. Kalo malem tutup.


Warung Kopi Suka Hati

Di WK. Suka Hati ini ada makanan yang khas banget sebagai teman ngopi yaitu PGP dan KGP alias Pisang Goreng Pontianak dan Keladi Goreng Pontianak. Rasanya nggak perlu diragukan lagi deh, udah pasti jaminan mutu dan tidak ada duanya. Ada 2 macam rasa buat Pisang dan Keladi, yaitu Polos dan Srikaya. Kalo yang polos itu maksudnya original cuma digoreng pake tepung tapi kalo Srikaya, setelah digoreng diolesi dengan Selai Srikaya. Rasanya mantap banget pokoknya.


Pisang Goreng Pontianak


Keladi Goreng Pontianak

Kalo malam, warung kopi banyak bertaburan hampir di semua tempat di Pontianak. Sore menjelang malam kursi-kursi udah mulai disusun untuk menyambut para pencinta dan penikmat kopi. Di sepanjang jalan Gajah Mada di sisi kiri dan kanan jalan banyak sekali bertaburan warung kopi yang sebagian besar buka pada saat malam persis seperti bintang-bintang yang bertaburan menghiasi langit malam. Satu diantaranya yang jadi tempat favorit aku dan teman-teman adalah WK. Winny di Jalan Gajah Mada persis di seberang Hotel Orchard. Suasananya terasa asik banget sambil menyaksikan Hotel Orchard di waktu malam dan menikmati gemerlapnya lampu yang menghiasai Resoran Gajah Mada. Kita boleh dan bebas nongkrong sekuat dan selama mungkin, jadi nggak bakalan diusir sama pemilik warung kopi. Hm, sungguh suasana yang tak bisa dilupakan.

Kalau ada tamu dari Jakarta, pasti aku ajak untuk ngopi di sini. Memang ada juga tamu atau teman yang nggak ngopi artinya bukan penikmat kopi. Tapi apa salahnya menikmati suasana malam di Kota Pontianak sambil nongkrong dan ngobrol-ngobrol di warung kopi.

Paling asiiik ngopi itu bareng sama teman-teman sambil ngobrol macem-macem. Kadang bingung juga, apa sih yang mereka obrolin. Bahkan ada juga loh yang main gaplek. Apalagi saat musim Piala Dunia. Di mana-mana pasti rame, di mana-mana pasti penuh, sampe-sampe nggak kebagian tempat duduk. Hampir semua warung kopi ngadain acara nonton bareng.

Itulah sedikit cerita tentang warung kopi. Udah dulu ya, udah ngantuk nih.

Pontianak, 10 Oktober 2013          

 
Meracik Kopi 

 Ngopi bersama Bos

Teman Ngopi 

 
Latihan Bikin Kopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By