Breaking News

Selasa, 01 Oktober 2013

RINDU 1/2 MATI

Rindu adalah sebuah rasa atau perasaan yang menginginkan atau mengharapkan sesuatu. Biasanya perasaan rindu itu terkait dengan sesuatu atau seseorang, jarak, waktu atau bisa juga suatu keadaan.

Rindu Sesuatu
Sesuatu itu bisa jadi seseorang atau benda. Artinya rindu kepada seseorang yang pergi meninggalkan kita atau seseorang yang kita tinggalkan. Bisa juga rindu pada suatu tempat atau lokasi karena kita meninggalkan tempat itu untuk pergi ke suatu tempat lainnya. Misalkan kita rindu tanah kelahiran, rindu akan kampung halaman. Sesuatu yang kita rindukan bisa jadi adalah makanan yang tidak kita temukan di tempat tinggal kita sekarang tetapi ada di suatu tempat dimana makanan tersebut biasanya ditemukan. Misalnya rindu pada makanan Cirebon, seperti tahu gejrot, empal gentong, nasi lengko (harap maklum ya, penulisnya orang Cirebon).

Jadi kesimpulannya, rindu bisa kepada siapa pun dan kepada apa pun.
Rindu kepada seseorang, kekasih, orangtua, anak, saudara, keluarga, teman, sahabat, guru, dan sebagainya.
Rindu kepada tempat, misalnya rindu akan kota asal, tanah kelahiran, kampung halaman, tempat spesial, tempat bersejarah, tempat kenangan, dan lain-lain.
Rindu dengan makanan lokal, misalnya rasanya kepengen makan apa gitu tapi yang gak ada di tempat kita sekarang berada, nah lo, gimana tuh. susah kan ngobatinnya.

Ada juga perasaan rindu yang terkait dengan waktu, misalnya rindu pada masa lalu, rindu pasa masa kanak-kanak, rindu pada saat sekolah, pada saat kuliah, dan lain-lain.
Selain rindu-rindu yang sudah disebutkan diatas ada juga rindu yang terkait dengan dimensi yang berbeda atau suatu keadaan yang sepertinya sangat mustahil terjadi. Bisa juga mungkin dapat terjadi yang merupakan sebuah harapan atau keinginan. Rindu pada suatu dimensi yang berbeda misalnya rindu kepada seseorang yang telah tiada atau seseorang yang telah pergi untuk selama-lamanya. 

Rindu kepada seseorang yang telah tiada hanya bisa disampaikan lewat doa. Semoga diterima di sisi-Nya. Semoga tenang di alam baqa. Semoga diterima segala amal kebaikannya selama hidup di dunia. Selain doa, kita juga bisa berziarah ke makamnya. Kita juga bisa mengenang saat-saat indah bersamanya. Kenangan indah bersamanya akan selalu abadi dalam sanubari. 

Orang yang telah pergi tak kan pernah kembali, namun kenangan indah bersamanya akan selalu abadi. Akan selalu mengingatkan kita kepadanya, mengobati rasa rindu yang menyesakkan dada. 

Rindu yang seakan tak terobati, rindu serindu-rindunya. Rindu setengah mati.

ditulis oleh : Guntur Sumitro
Pontianak, 1 Oktober 2013

Rindu Setengah Mati - d'Masiv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By