Breaking News

Selasa, 25 Desember 2012

REFERENSI FILM 5 CM


Menguji Persahabatan di Puncak Mahameru

Sepuluh tahun bersahabat dan berkumpul setiap malam minggu ternyata menjemukan bagi Genta (diperankan Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Ian (Igor Saykoji), dan Riani (Raline Shah). Mereka sepakat, perlu sesuatu yang baru dan keluar dari zona nyaman persahabatan.

Suatu malam Genta melontarkan usulan. Selama tiga bulan ke depan, komunikasi kelimanya putus. Tidak ada lagi malam minggu bersama. Mereka bertekad melakukan sesuatu yang berbeda.

Arial, misalnya, yang tak pernah menjalin hubungan asmara dengan perempuan, mencoba mendekati Windy. Riani yang sibuk dalam event organizer terpaksa keluar dari kesibukan itu karena berada dalam satu tim dengan Genta. Hari-hari Genta pun terasa sepi tanpa Riani. Dia berusaha mempertahankan timnya meski tanpa si agenda berjalan, Riani.

Ian bertekad segera lulus kuliah dalam tiga bulan. Cowok yang doyan makan mi instan itu ingin menyusul keempat sahabatnya yang sudah lebih dulu diwisuda.

Sementara itu Zafran, si penyair cinta, memutuskan untuk mendekati Arinda (Pevita Pearce), kembaran Arial.

Tiga bulan pun berlalu. Kelima sahabat merayakan persahabatan dalam sebuah perjalanan kejutan dari Genta. Perjalanan ke Gunung Semeru. Di sana mental mereka teruji, rasa nasionalisme mencuat. Selipannya, sekelumit cinta yang sulit diucapkan atas nama persahabatan.

Penasaran

Seperti biasa, novel yang dituang dalam layar lebar memicu rasa penasaran para pembacanya. Novel apik 5 Cm karya Donny Dhirgantoro yang dirilis pada 2005 sudah menuai kesuksesan. Pembacanya memiliki kesan mendalam dengan semangat perjuangan hidup, persahabatan, dan nasionalisme yang dikemas tidak dengan nada menggurui.

Film 5 Cm besutan sutradara Rizal Mantovani itu patut diacungi jempol. Ceritanya hampir tak beda dari novel aslinya. Pemilihan aktor dan aktrisnya pun pas dengan karakter-karakter dalam novel.

Jika dibandingkan dengan novelnya, film itu unggul dengan menghadirkan adegan lucu yang membuat penonton terbahak-bahak. Perpaduan percakapan dan mimik para pemainnya membuat ceritanya dua kali lebih lucu daripada versi tertulisnya.

Selama adegan pendakian gunung, penonton akan berdecak kagum dengan suguhan pemandangan indah Gunung Semeru, Jawa Timur. Adegan upacara 17 Agustus di puncak Mahameru, puncak tertinggi di Pulau Jawa pada 3.676 meter dari permukaan laut, itu menghadirkan haru di dada.

Sayangnya salah satu cerita dalam novel tentang penemuan kuburan atas nama Ian justru tidak dihadirkan di dalam film. Padahal, kisah pada titik itu justru membuat pembaca novelnya berdebar. Terlepas dari itu, novel 5 Cm diadaptasi dengan baik dalam film yang diproduseri Sunil Soraya itu.


Sumber : Media Indonesia, 20 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By