Breaking News

Selasa, 06 November 2012

NYUBIT ON THE BLOG


Mencubit Lewat Blog

Sahabat saya tanya, "Kenapa Tagline-nya : New Beat On The Blog? Bisa dijelasin nggak apa maksudnya? Bagaimana sih caranya membuat Tagline?"

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, ini loh penjelasannya. Duduk yang manis dan simak baik-baik ya.

Kalo menurut saya, Tagline itu harus yang unik, harus yang asyik gitu loh. Harus enak di lidah dan enak di telinga. Maksude eh maksudnya adalah Tagline itu harus enak untuk diucapkan dan juga enak didengarkan.

Saat membuat Tagline untuk blog saya, secara nggak sengaja saya menemukannya begitu saja dan hanya kebetulan saja. Meski saya nggak percaya kebetulan, mungkin emang udah jodoh kali ya, loh kok jadi ngomongin jodoh sih?  he he .....

Awalnya waktu baru bikin blog, mendengar kata BLOG sepertinya saya sudah sangat familiar dengan kata ini. Saya jadi teringat sama Grup : New Kids On The Block. Loh, ternyata ucapannya sama tetapi tulisannya berbeda.  Bukan Blog tapi Block. Aha!! Langsung tercetus ide di kepala saya. Bukan, maksudnya ide di otak saya terus otaknya ada di kepala saya. Kayaknya boleh juga nih kalo diplesetin. Nggak asal diplesetin, tapi kita juga harus mencari kata-kata yang tepat dengan makna yang bagus.

New Beat berasal dari kata New dan Beat. New artinya baru, sedangkan Beat artinya hentakan/ritme/tempo yang enak untuk didengar atau dinikmati. Jadi New Beat artinya adalah hentakan atau ritme yang baru, gitu loh sodara-sodara. Gimana, asyik kan? Yah dipas-pasin aja deh supaya pas. Selain enak untuk diucapkan tapi enak juga kok didengarkan. Selain enak di lidah, enak juga di kuping. On The Blog, ya artinya di Blog,  ya iyalah masa di dapur. Kalo makna keseluruhan dari Tagline itu  : New Beat On The Blog, maksudnya adalah Blog dengan konsep dan style yang berbeda.

Jadi kalo dalam terjemahan bebasnya adalah : blog-blog gue, ya suka-suka gue dong. Kenape elu yang sewot. Kalo kata Gusdur : "gitu aja kok repot." Blog saya adalah blog yang bebas nggak terikat rambu-rambu atau aturan-aturan yang kadang malah bikin repot. Pokoknya bebas deh, sebebas gue dan semau gue. Tapi bebasnya bukan sembarangan bebas loh ya, bebasnya harus bertanggung jawab. Wah, ini sih kayak pelajaran PMP waktu saya duduk di bangku SMP. Wah, jadi kangen nih sama Mpek-Mpek (apa hubungannya coba?).

New Beat bisa juga dibaca sebagai 'Nyubit' dalam bahasa kita sehari-hari yang akar katanya adalah 'Cubit ' atau 'Mencubit'. Ada pepatah mengatakan, “Kalo nggak mau dicubit, ya jangan nyubit” atau “Jangan nyubit, kalo elo nggak mau dicubit”. Kata cubit atau mencubit mempunyai makna sakit. Jadi pepatah itu mempunyai filosopi : “Kalau kita tidak ingin disakiti, maka jangan menyakiti orang lain”. Wah, begitu dalam ya maknanya. Karena ya memang begitu. Kalau kejahatan yang kita berikan kepada orang lain, maka kita akan menerima kejahatan pula. Mungkin orang yang dicubit atau tersakiti tidak bisa membalas secara langsung, tapi bisa saja orang itu berkata “Biar Tuhan yang balas” atau “Semua itu pasti ada balasannya”. Kalo sms elo nggak dibalas, mungkin si dia lagi nggak punya pulsa. Tapi, kok kita jadi membahas soal balas-membalas ya, aneh! Ya, maklum aja nih malah ngelantur jadinya.

Lewat Blog ini,  dengan Tagline New Beat On The Blog, saya ingin mencubit para pembaca blog saya tapi mereka nggak merasa sakit dan nggak merasa disakiti. Yang membaca blog saya telah dicubit tapi nggak sakit sama sekali. Yang dimaksud mencubit di blog saya adalah ingin menyebarkan semangat, ingin memberi inspirasi dan memberikan motivasi tanpa bermaksud menggurui. Karena guru kita sama kok, namanya : KANGGURU, hi hi hi ......

Alhamdulillaah ya, Sesuatu. Loh kok? Inget Syahroni ya, bukan woii itu SYAHRINI. Tuh kan, Syahrini aja punya kata-kata yang bisa diinget orang banyak. Mudah-mudahan blog saya juga seperti itu deh, Aamiiin.

Beberapa teman dan sahabat juga ada yang awalnya hanya membaca sekilas saja, akhirnya jadi pembaca setia. Yang tadinya nggak punya blog eh malah akhirnya sekarang sudah punya blog sendiri. Diantaranya adalah :  www.weensolusyen.blogspot.com.

Malah ada teman saya yang tiba-tiba kirim sms minta saya untuk segera mampir di blognya. Silakan kunjungi blog saya dan tinggalkan komentar : www.bangayok.blogspot.com

Silakan dikunjungi kedua blog itu ya, sekalian promosi nih. Ada juga blog yang sudah mati suri sekarang malah hidup kembali dan sekarang sudah bisa bebas berekspresi. Coba deh nengok aja dan baca : www.angdandunianya.blogspot.com

Oke, jadi tunggu apa lagi? Ayok ngeblog dan ciptakan Tagline-mu yang bagus biar bisa menjadi SESUATU gitu loh .....
(Guntur Sumitro)

Cirebon, 6 November 2012

4 komentar:

  1. Hahahahahahaha....makin seru ni baca blogya mas Goen.

    Bahasanya makin gaul meeeeeeennnnn.

    Tapi blogku nggak mati suri kok mas. Hanye sempet klenger ama semaput aja beberapa bulan. Hehehehehehehehe.....

    Pokoknya thanks very very very very very much. blogku dan sering updating lagi. Daaaaannnnn........ Lepas dari belenggu berbagai paradigma.

    Karena BLOG-ku adalah Pribadi dan Karakter aku.

    ***Cium tangan mas Goen berkali-kali***

    BalasHapus
  2. Perkenalkan, saiah termasuk yang kena cubitannya Pak Goen neh. Hehe.... Silakan mampir...duduk2....jangan lupa bawa bekel buat ditinggalin di blog saiah.

    BalasHapus
  3. Haha, baru ngerti tagline bgini, kalo punya saya deskripsi :D

    Templatenya baguuus \(*_*)/

    BalasHapus
  4. Kalau ngga ngeblog sambil ngebeat ya Bang, hehehehe... :-)

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By