Breaking News

Kamis, 01 November 2012

ULANG TAHUN SEDERHANA



Sukmajaya, Depok
3 April 2010, Pukul 5 Sore

Mataku ditutup dengan sehelai kain. Anggie dan Aiko yang mengikatkan kain itu di bagian belakang kepalaku. Lalu mereka menuntunku berjalan pelan-pelan menuju ruang tamu. Anggie di sebelah kanan dan Aiko di sebelah kiri.

Begitu sampai di ruang tamu, aku masih tetap berdiri. Diam menunggu perintah selanjutnya. “Hm, gue dikerjain nih sama dua anak kecil ini,” gumamku. Setelah itu kain penutup mata dibuka. Pelan-pelan kubuka mataku. Aku melihat semua yang ada di ruangan itu. Aku hanya dibantu dengan satu cahaya lilin. Sementara sekitarnya gelap. Kukenali mereka semua satu per satu. Ada Ibu, Kakakku, Mas Heru dan istrinya Mbak Qomar. Dua Kakak perempuanku, Mbak Puji dan suaminya, Mas John. Mbak Mung dan suaminya Mas Gino. Istriku juga ada di antara mereka. Ada juga adikku, Dian dan istrinya Vera. Terakhir adalah semua keponakanku, Oppie dan Bima, Oggie dan Wiga, Anggie dan Bella, Aiko, Bulan dan yang paling kecil, anak bungsu adikku, Raka.

Tak lama kemudian, Aiko meminta semuanya untuk menyanyikan lagu SELAMAT ULANG TAHUN. Aku pun ikut bernyanyi bersama mereka. Ya Allah, kini aku berada di tengah orang-orang yang aku sayangi. Saat ini aku bersama orang-orang yang menyayangi aku. Mereka yang selama ini aku rindukan. Mereka kini hadir bersamaku, merayakan hari kelahiranku. Ya Allah betapa senang dan bahagianya aku. Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat-Mu. Kau telah menghadirkan mereka untukku. 

Aku menilai Anggie dan Aiko menjalankan tugasnya dengan bagus, sangat bagus. Anggie, anak pertama dari Mbak Mung, sekarang duduk di kelas empat SD. Sedangkan Aiko saat ini duduk di kelas satu SD. Mereka berdua begitu kompak memandu jalannya acara. Mereka kemudian memintaku untuk meniup lilin yang ada di atas kue kecil. 

“Ayo om, tiup lilinnya,” kata Anggie dan Aiko bersamaan. “Om, buat permintaan dulu, tapi cukup dalam hati aja.” sambung Anggie. Dengan diiringi lagu ‘Tiup Lilinnya’ yang dinyanyikan dengan penuh semangat oleh mereka semua. 

Aku pun tak kalah semangat dengan mereka. Aku meniup api lilin yang menari-nari di depan wajahku. FFfuuuuhh.....!! Seketika nyala lilin itu pun padam. Lampu ruang tamu yang kecil kembali dinyalakan. Ibu mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku. Aku mencium tangan Ibu. Ibu memeluk badanku. Aku seperti anak usia empat tahun yang dipeluk dan didekap ibunya. Setelah itu Mas Heru mengucapkan selamat ulang tahun diikuti oleh tiga kakakku, tiga kakak iparku, istriku, adikku dan adik iparku. 

Semua keponakanku juga ikut menyampaikan selamat ulang tahun. Yang terakhir adalah ucapan ulang tahun dari Raka. “Celamat Uyang ta’un ya papa Jun,” ucapnya yang dibimbing ayahnya. "Makachi ya chayang ....', jawabku sambil mencium pipinya.

Kue ulang tahunnya kecil, tapi tidak terlalu kecil juga, maka acara selanjutnya adalah potong kue. Anggie dan Aiko meminta aku untuk memotong kuenya. Aku memberikan potongan kue itu kepada ibuku. 

Setelah itu rangkaian acara selesai bertepatan dengan kumandang adzan Maghrib. Kami bersiap-siap melaksanakan sholat Magrib. Begitu semuanya telah selesai melaksanakan sholat Maghrib, kami semua makan dengan menu soto ayam buatan ibuku dibantu dua kakak perempuanku. 

Seusai makan bersama, kami berkumpul mendengarkan ibuku yang bercerita tentang masa lalu. Kisah ketika kami masih kecil dulu. Ceritanya lucu-lucu. Kami semuanya tertawa ketika ibu menceritakan ketika aku menyembunyikan dot/empeng adikku di bawah kasur.

Bersama cerita-cerita ibu, pikiranku pun melayang ke masa-masa yang silam. Aku gembira berkumpul bersama keluarga di hari istimewa. Aku senang sekali. Kesenangan yang tak terkatakan. Aku sungguh bahagia bisa bersama orang yang paling kusayangi dan kuhormati di dunia ini. Inilah kebahagiaan yang tak terucapkan, tapi hanya bisa dirasakan. Inilah Kebahagian yang sederhana. 

"Oh Bunda.....
 Ada dan tiada dirimu
'kan  selalu ada di dalam hatiku"
( Melly Goeslaw )

***** 



Cirebon, 9 April 2010

Enam hari setelah Hari Ulang Tahunku. Aku buka akun Face Book-ku. Sudah satu minggu ini aku belum membukanya. Kutuliskan nama e-mailku. kuketikkan kata sandi. Kemudian kutekan tombol Enter. Jeeng jeeng jeeeng ......, mataku langsung tertuju pada pemberitahuan yang banyak sekali. Pemberitahuan yang belum sempat kubuka dan kubaca. Banyak teman-teman dan sahabat-sahabatku yang menuliskan di dinding face book-ku. Mereka menyampaikan ucapan selamat ulang tahun pada tanggal 3 April 2010. Aku baca satu per satu kiriman-kiriman tersebut. Aku senyum-senyum sendiri bila ada tulisan yang lucu. Aku begitu terharu. Inilah bentuk perhatian dari mereka. Mari kita simak tulisan-tulisan tersebut :      

Erlien Adik Rinanti :
de Guntur..met oeltah dong..moga mangkin soemitro & djojo selaloe..ditoenggoe banyolan2 ngeselinnya..

Carris Juniarsa :
selamat ulang tahun pak de, makin sugih, makin tawakal, makin hebring lah...dan sehat selalu

Musalma Samad :
Hepi besdei Guntur, may Allah ta'ala bless everything that u wish... Amien..

Sri Warsiyati :
happy birthday pak bos.....sukses dan penuh berkah Allah SWT amien....

Chiki Mohammad :
slamat ulang tahun,,,,,pak smoga tambah sukses slalu

Agus Heru Pitoyo :
Happy Birthday Bos.....Wish U All The Best..... Harusnya ke Happy Puppy Nie......

Corry Mompo :
happy b'day ya Guntur. All the best 4 u

Marhaeni Rumiasih :
met ultah ya...sukses deh...........

Gugun Gunawan Putra :
selamat ulang tahun semoga sehat selalu dan rejekinya mengalir terusmet ultah ya...sukses deh...........

Eko Kurniawan :
happy birthday mas

Arie Darmawan :
Met Ulang Tahun.. Sehat n murah rejeki

Hendy Kurniawan :
Heppy birthday pak, moga sehat slalu, tmbah sukses, n diberkahi slalu, aminn

Alwi Moehammad Ali :
selamat ulang tahun guntur.

Tonny Ardhianto :
Selamat Ulang Tahun Pak, Semoga Sehat Selalu dan Semakin Sukses

Alexander Agung :
met..ultah moga tambah sukses .....kapan main ke bontang

Wisratno Eko Wibowo :
Selamat ulang tahun semoga happy birthday

Tyo Anomo Sukiyo :
Met ultah pak Gun ! Semoga dirahmati Allah dengan segala kemuliaan di dalam hidup, amiin YRA

Yulius Mustafa :
met ultah ya, kapan pesta nya nih...

Evie Sofia Sasmitawijaya :
hepi bdae guntur,wish u all d'best yaaaa...

Indah Sulfarini :
Met ultah ya....smoga makin sukses senantiasa dalam lindunganNYA

Minda Mora Purba :
Selamat ulang tahun Tur.....
panjang umur..sehat2..bahagia bersama keluarga tercinta..
wish u all the best..
makan-makan..makan-makan..horeeee...

Apri Eko Isnanto :
met ultahya mas semoga sukses selalu

Hindraswari Enggar D :
met ultah Pak..

Maria Theresia Hiping :
Slamat UlanG Tahuuuuuuuuunnnnnnn pak Guntur,,
Sukses slalu deh bwt bpak,
Amiiiiiiinnnnn,,,,,
;)

Henny Siswiyati :
happy b'day ya guntur ... wish u all the best ...

Muhammad Zamili :
Met ultah pak, sukses trus deh

Bahtiar Hari Murti :
met ultah ya pak, s'moga sukses selalu.. Pak, harusnya jadi kasi hi jkt 1 aja, jangan d cirebon mulu..

Yoeli Astuti :
Met ultah pak...smg bhgìa, sukses sllu n...d tunggu mkn2nya....aja klalen ya pak xìxìxì...

Widiyaningsih Maudi :
Happy B'day to you,semoga Allah meridhoi langkah2mu...

Yenny Dames :
H@PPY B'DAY ... Wish u all the best ..:)

Zulfi Meidiansyah :
pa guntur...met ultah.....semoga sehat selalu...panjang umur ...murah rezeki...n selalu dalam lindungan Alloh SWT...amin

Ismet Muliawan :
Met ultah pak gun...semoga tambah sukses teruzzz...

Muhammad Subhan Bahtiar :
MEt Ultah Pak....Wish U all the best

Ana Maria :
bos met ultah y, selamat menjlnkan tugas yg baru, sukses selalu

Didith A. Andiana :
met ultah mas, makan2nya stlh pelantikan ya mas

Cisilia Uniek Ryani :
Pagi guntur, met ultah yah..sukses dan sehat selalu..

Marsiyati Marindra :
Met ultah mas... Sukses selalu...

Linda Mariani Lubis :
Happy Milad ya... Smga bahagia slalu, makin sukses, barokah dn slalu dlm lindungan ALLAH SWT... Amin.


Yoppi Setiawan :
asalamualaikum..slmt ultah ya pak,smga dg brtmbhny umur bsa tmbh bijak lg,murah rejeki, shat slalu n yg lbh penting lg smga pnjng umur dan slalu dlm lndunganNYA aminn..sukses slalu.

Budi Rustandi :
Met ulang tahun bro, semoga sehat dan sukses selalu


Iskandar Adkur :
Maaf ya terlambat....Met Ulang tahun panjang umur, sukses dan bahagia bersama keluarga.


Donny Mirman Djamal just wished Guntur Sumitro a HAPPY BIRTHDAY
Dony Mirman Djamal wished a HAPPY BIRTHDAY! ** Alexander Agung wished a HAPPY BIRTHDAY! ** Erlien Adik Rinanti wished a HAPPY BIRTHDAY! ** Erlien Adik Rinanti sent a GIFT! ** Bima Dwi Fakhri sent a BIRTHDAY CARD!


Catatan :
Tulisan ini sebagai ucapan terimakasih kepada teman-teman dan sahabat-sahabatku yang telah memberikan perhatian dan dukungannya untukku. Semoga kebaikan teman-teman dan sahabat-sahabat semua mendapatkan balasan kebaikan yang dilipatgandakan, Aamiiin. Tulisan ini aku buat supaya ucapan ulang tahun dan doa tulus untukku tidak hilang begitu saja, sehingga bisa menjadi kenangan yang abadi seumur hidupku. Terimakasih.

Ucapan terimakasih juga aku sampaikan buat teman-teman yang menyampaikan ucapan dan do'anya melalui pesan singkat (sms). Dengan tidak mengurangi rasa hormatku, dengan kerendahan hati aku mohon maaf, karena kiriman sms-sms tersebut tidak bisa ditampilkan dalam tulisan ini.

*****
   
Kubuka album biru

Penuh debu dan usang

Kupandangi semua gambar diri

Kecil bersih belum ternoda

Pikirku pun melayang

Dahulu penuh kasih

Teringat semua cerita orang

Tentang riwayatku

Kata mereka diriku selalu DIMANJA

Kata mereka diriku selalu DITIMANG

Nada-nada yang indah selalu terurai darinya

Tangisan nakal dari bibirku

Tak 'kan jadi deritanya

tangan halus dan suci

telah mengangkat tubuh ini

Jiwa raga dan seluruh hidup

Rela dia berikan

Kata mereka diriku selalu DIMANJA

Kata mereka diriku selalu DITIMANG


Oh Bunda .....

Ada dan tiada, dirimu 'kan selalu ada di dalam hatiku


Song : Bunda by Melly Goeslaw


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By