Breaking News

Selasa, 16 Oktober 2012

TIPS TEPAT MENYAMPAIKAN KRITIK KONSTRUKTIF


1.        Identifikasi perilaku yang ingin anda kritik. Tujuan kritik tersebut kepada kelakuannya bukan kepada orangnya. Jadi, Anda harus melihat hal yang akan dikritik secara rasional supaya mencapai sasaran.

2.        Katakan kritik yang lebih spesifik, dengan menyebutkan suatu peristiwa yang rinci. Bukannya, “Kamu selalu terlambat.”, melainkan “Kamu kemarin terlambat setengah jam.” Dengan demikian, yang bersangkutan bisa memahami kemudian memperbaiki apa yang salah selama ini.

3.        Pastikan perilaku yang dijadikan sasaran kritik itu merupakan sesuatu yang dapat diubah. Aksen kedaerahan atau hal lain yang berkaitan dengan perjanjian bisnis, tak selalu dapat diubah

4.       Tunjukkan bahwa Anda juga bersedia membantu menyelesaikan masalah bersama dengan mengucapkan kata “kita” daripada hanya mengancam.

5.        Pastikan orang yang Anda kritik tahu alasannya mengapa ia dikritik. Jadi, sampaikan kritik secara konkrit, tak perlu mengada-ada.

6.        Tak perlu bertele-tele. Ungkapkan kritik Anda dengan kata-kata yang singkat dan jelas, tanpa kalimat panjang yang berkesan sok tahu.

7.        Tawarkan bantuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Jangan hanya menyampaikan kritik tapi tidak memberikan solusi permasalahannya.

8.        Jangan menaikkan intonasi suara Anda. Suara yang terdengar kasar atau marah malah kurang efektif. Hasilnya bukan positif, malah jadi sesuatu yang menyakitkan hati.

9.        Tunjukkan sikap bahwa Anda mengerti apa yang ia rasakan. Jadi, pertimbangkan baik-baik, bagaimana kalau Anda berada dalam posisi seperti yang bersangkutan.

10.    Kalau berencana membuat kritik secara tertulis, tenangkan diri terlebih dahulu sebelum mulai menulis. Jangan meletakkan surat tersebut disembarang tempat atau terbuka.

Sumber : www.tipsanda.com

2 komentar:

  1. Ternyata mengkritik itu juga ada ilmunya ya? Itupun sang object belum tentu bisa open mind terhadap kritikan. Apalagi yang asal kritik gak pakai ilmu.

    BalasHapus
  2. Kalaupun tak ada ilmunya, tapi harus pakai etika, apalagi kita sebagai orang timur

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By