Breaking News

Jumat, 03 Agustus 2012

PERPUSTAKAAN PRIBADI


Oleh : Goen Mitoro

Alhamdulillaah, di sela-sela kesibukan saya di kantor, saya sekarang mempunyai ‘Perpustakaan Pribadi’. Sebetulnya itu istilah saya sendiri saja.

Semua itu berawal dari hobby saya, membaca. Saya membeli dan mengoleksi berbagai macam buku. Saya mendapat referensi buku-buku dari Harian Kompas, Koran Media Indonesia, Kick Andy Magazine, Acara Kick Andy di Metro TV dan juga referensi dari teman.

Saya tak pernah terpikir untuk meminjamkan buku-buku koleksi saya kepada teman-teman. Suatu hari, seorang teman yang juga hobby baca, melihat sebuah novel Jepang berjudul ‘Saga No Gabai Bachan’ di atas meja kerja saya. Dia sangat suka hal-hal yang berbau Jepang, termasuk buku-buku cerita atau novel. Anehnya, dia tidak suka makanan Jepang, tapi dia lebih suka masakan Padang.

Buku itu menarik perhatiannya. “Cerita Jepang ya pak?”, tanyanya pada satu kesempatan. “Iya, kenapa mbak”, jawab saya. “Masih dibaca ya pak? Saya boleh pinjam nggak pak?” lanjutnya. “Boleh. Kalau selesai, nanti saya kasih pinjam”, jawab saya. Dia tersenyum, usahanya berhasil.          

Beberapa hari kemudian, saya pinjamkan kepada teman saya itu. Setelah selesai membaca buku itu, dia cerita kepada temannya. Akhirnya buku itu dipinjam secara bergantian oleh teman-teman yang lain. Buku itu menjadi buku favorit. 

Saya berpikir untuk meminjamkan koleksi buku-buku yang lain. Daripada disimpan di rumah, tidak ada yang baca, manfaat buku jadi kurang maksimal. Kalau dipinjamkan mudah-mudahan bisa bermanfaat. 


Saya membuat daftar buku-buku koleksi saya. Daftar itu saya print untuk dibagikan kepada teman-teman di kantor. Mereka tinggal memilih, buku apa yang ingin dipinjam. Lebih praktis. Saya tidak perlu membawa semua koleksi buku saya ke kantor. Kalau ada teman yang ingin pinjam buku, tinggal bilang saja, besoknya buku pesanan itu saya bawa ke kantor.


Demikianlah cerita tentang ‘Perpustakaan Pribadi’ saya. Semoga dapat meningkatkan minat baca kepada teman-teman di kantor saya.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By