Breaking News

Minggu, 12 Agustus 2012

INSPIRASI MENULIS


Oleh : Imam Dairoby Mashur

Ada beberapa teman yang ingin mencoba menulis selalu bertanya, dari mana saya mendapat ide menulis?. Kadang saya bingung untuk menjawab karena sebenarnya jawaban itu ada pada setiap yang bertanya. Tetapi untuk memberi gambaran pada mereka saya selalu memberi jawaban sebagai berikut :
1.     Inspirasi menulis ada pada saat kita melihat, mendengar atau berinteraksi dengan orang lain di sekitar kita. Sesuatu yang terlihat sepele kadang itu adalah sebuah inspirasi untuk di kembangkan menjadi sebuah tulisan yang bisa bermanfaat bagi orang lain.
2.     Pengalaman pribadi atau perjalanan hidup pribadi. Yakinlah bahwa setiap orang memiliki cerita hidup sendiri-sendiri dan bisa di bagi untuk orang lain. Bukankah menulis itu intinya adalah berbagi.
3.     Membaca karya milik dari penulis lain. Selain bisa mempelajari cara penulisan dari penulis lain, kita juga pasti akan mendapat inspirasi dari yang kita baca.
4.     Mendengarkan Lagu atau menonton tayangan TV maupun Film dapat juga menginspirasi kita membuat sebuah tulisan.
5.     Saat kita diam, merenung atau saat hati kita sedang sensitif, inspirasi itu akan datang dan kita tak dapat menduganya.

Jadi, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan inspirasi dari sebuah tulisan, hanya terkadang kita merasa malas atau merasa tak bisa padahal belum mencoba membuat.

untuk itu cobalah mulai sekarang menulis, sedikitnya sebuah kalimat. Bukankah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit ?

Selamat menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By