Breaking News

Kamis, 02 Agustus 2012

GUNUNG GUNTUR (bagian 7)


Apakah G? Penyakit yang datangnya tiba-tiba. Bisa menyerang siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Tetapi obatnya pun gampang dan sederhana. Hanya tinggal digaruk saja, penyakit itu hilang seketika. Anda tahu jawabannya? Iya, benar sekali. Jawabannya adalah GATAL.
Halo teman-teman apa kabar? Kali ini aku akan membahas tentang GATAL. Loh kok gatal? Tetapi gatalnya bukan buat digaruk loh. Gatal yang aku maksud di sini adalah GALUNGGUNG dan TALAGA BODAS.

GALUNGGUNG
Baiklah teman-teman, pertama aku akan bercerita tentang Galunggung dulu ya, setelah itu nanti aku lanjutkan dengan Talaga Bodas.
Galunggung mempunyai ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut. Galunggung terletak di Kabupaten Tasikmalaya. Itu loh, tempat kelahiran penyanyi dangdut  terkenal yang lagunya  berjudul ‘Selamat Malam’. Teman-teman gak tahu ya, Masa’ sih gak tahu?! Yang liriknya begini : “Selamat malam duhai kekasih. Sebutlah namaku menjelang tidurmu. Bawalah aku dalam mimpi yang indah, di malam yang dingin sesunyi ini”. Kalau teman-teman belum tahu juga, beli saja kaset dan CD-nya. Oh iya, bisa juga teman-teman cari di You Tube. Aku sok tahu ya. Dalam cerita ini, aku kan gunung, iya Gunung Guntur. Tapi kok bisa nyanyi dangdut dan tahu You Tube segala he he he......
Galunggung berada di Desa Linggajaya Kecamatan Sukaratu, sekitar 17 km ke arah barat daya dari pusat kota Tasikmalaya. Letusan terakhir Galunggung terjadi pada 5 Mei 1982 dan berakhir pada 8 Januari 1983. Galunggung terkenal dengan pasirnya yang berkualitas, baik untuk bahan material bangunan maupun untuk konstruksi jalan raya.   
Untuk mencapai bibir kawah Galunggung, tidaklah terlalu sulit, karena saat ini sudah disediakan 620 anak tangga dengan kemiringan 50 – 70 derajat.    
Dari bibir kawah, teman-teman dapat melihat dengan jelas kota Tasikmalaya  di sebelah timur. Sejauh mata memandang terlihat pepohonan berwarna hijau, dengan batangnya yang nampak masih kecil-kecil. Jika teman-teman memandang ke arah dalam, teman-teman bisa menyaksikan danau baru dengan warna kehijauan. Danau baru yang luasnya 40 hektar ini terbentuk akibat letusan pada tahun 1982.
Galunggung sekarang menjadi tujuan wisata yang dikelola oleh Perhutani. Selain panorama alamnya yang indah, teman-teman juga bisa menikmati pemandian air panas dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.
Nah itulah cerita tentang Galunggung. Kalau teman-teman datang ke Kota Tasikmalaya, jangan lupa sempatkan diri untuk berwisata ke Gunung Galunggung ya.  

TALAGA BODAS
Setelah kita mengikuti kisah Galunggung, kini aku akan bercerita tentang Talaga Bodas. Dalam bahasa Sunda Talaga berarti telaga atau danau. Sedangkan Bodas artinya putih. Talaga Bodas berarti danau atau telaga putih. Air di danau ini berwarna putih kehijau-hijauan. Kandungan belerangnya cukup tinggi. Talaga Bodas berada di ketinggian 2.201 meter di atas permukaan laut. Talaga Bodas terletak di wilayah perbatasan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, tepatnya di sebelah selatan Kecamatan Wanaraja. Dari kota Garut berjarak sekitar 28 km ke arah timur laut. Air kawah Talaga Bodas ini sering berubah-ubah warna  tergantung dari suhu dan kelembabannya. Sekian dulu ya teman-teman kisahku kali ini. Sampai jumpa lagi dengan ceritaku yang lain. Hatur Nuhun.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By