Breaking News

Senin, 23 Juli 2012

SABAR ITU ADA BATASNYA ...??


Oleh : Goen Mitoro

Apakah benar bahwa sabar itu ada batasnya? Kalau memang benar, apakah yang membatasinya? Batas itu bisa berupa letak. Batas juga dapat berarti waktu. Bicara mengenai letak berarti bicara tentang posisi (position). Bicara mengenai waktu artinya bicara soal durasi (duration).

Batas tempat adalah di mana tempat itu berada. Sedangkan batas waktu adalah sejak kapan dan sampai kapan. Jadi kalau kita bertanya, apakah sabar itu ada batasnya? Maka di mana sabar itu terletak dan apa batas-batasnya? Dan sampai kapan kesabaran itu tetap ada?

Seorang teman bilang, seharusnya sabar itu tak berbatas. Katanya kesabaran itu ‘Unlimited’. Saya cukup tergelitik juga dengan pernyataan teman saya itu. Saya bilang kepadanya, bahwa semua itu tergantung paket apa yang kita pilih? Mau paket yang 'limited' atau paket yang 'unlimited'.

'Paket Limited' kesabarannya masih harus terus diuji secara berkala. Sedangkan 'Paket Unlimited' kesabarannya telah teruji dan telah terbukti.

Sabar artinya menahan dan mengendalikan diri agar tidak dijajah hawa nafsu dan emosi. Letak sabar itu ada di dalam hati dan pikiran. Sungguh sabar itu tak berbatas, kitalah yang memberikan batas pada kesabaran. Jadi apakah sabar itu ada batasnya, tergantung kepada kita. Apakah kita akan memberi batas atau tidak.

Orang yang bersabar akan memperoleh kemenangan. “Hai orang-orang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, karena Allah itu senantiasa bersama orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 158).

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang sabar dan saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran. Amin ya Robbal Alamin.

2 komentar:

  1. sabar di sayang Tuhan

    BalasHapus
  2. Ternyata sabarnya orang yg menunggu saat berbuka puasa itu ada batasnya. Batasnya adalah sampai terdengar kumandang adzan maghrib

    BalasHapus

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By