Breaking News

Minggu, 22 Juli 2012

BERSAHABAT DENGAN ALAM



 Oleh : Goen Mitoro

Teman saya berkata bahwa akhir-akhir ini alam kurang bersahabat dengan kita. Alam juga tidak ramah lagi dengan manusia. Saya coba konfirmasikan hal ini kepada alam. Saya bertanya, “Wahai alam, mengapa engkau enggan bersahabat dengan manusia?”. Kemudian ‘Alam’ pun menjawab, “Cukuplah saja berteman denganku. Janganlah kau meminta lebih. Lebih baik kita berteman, kita berteman saja, teman tapi mesra”. 

Waduh, rupanya si Alam tahu juga lagunya mbak Maia Estianti yang berjudul Teman Tapi Mesra. Mari kita tanyakan pada diri kita sendiri, apakah kita telah bersahabat pada alam. Bila mengharapkan alam bersahabat dengan kita, maka kita harus memulai untuk bersahabat dan lebih mencintai alam. Kalaupun kita belum bisa bersahabat dengan 'Alam' setidaknya kita sudah berteman dengan 'Alam' ataupun dapat berteman akrab meskipun belum begitu mesra. Berteman dengan 'Alam' misalnya menjaga kebersihan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, hemat dalam menggunakan air dan lain sebagainya.   

Sebaiknya kita juga bersahabat dengan diri kita sendiri. Misalnya kalau cuaca sedang kurang bagus, sebaiknya kita memakai jaket bila ingin keluar rumah atau bepergian. Jangan terlalu capek. Cukup makan dan istirahat. Karena dengan cara begitu, kita sudah bersahabat dengan diri kita sendiri untuk tetap menjaga agar kondisi tubuh kita tetap fit. 

Semoga kita tetap sehat dan bugar, sehingga kita dapat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan baik tanpa ada gangguan. Selamat menjalankan Ibadah Puasa, semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan ini mendapat pahala yang berlipat ganda. Semoga dosa-dosa kita mendapatkan ampunan-Nya. Semoga kita dapat menjadi orang yang bertakwa dan semakin dekat kepada Allah Subhanahu Wata’ala, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By