Breaking News

Rabu, 01 Agustus 2012

KE KETEP PASS ..... PASTI PAS !!


Naik-naik ke puncak gunung...tinggi tinggi sekali. Kiri- kanan kulihat saja banyak pohon cemara. Kiri-kanan kulihat saja banyak pohon cemara. Begitulah lagu yang selalu terngiang di telinga ketika aku menapaki jalan yang menanjak. Oia, perkenalkan namaku Ompa. Aku bertempat tinggal di sebuah kota kecil namanya Salatiga. Kalau mencari di peta, Salatiga kelihatan di antara JOGLOSEMAR (Jogya-Solo-Semarang). Ini pengalamanku ketika jalan-jalan ke sebuah tempat yang dinamakan Ketep Pass. Ketep Pass merupakan sebuah obyek wisata yang menampilkan keindahan pemandangan alam. Kita bisa menyaksikan Puncak Gunung Merapi dengan jelas sekali (dengan catatan cuacanya cerah).

Sabtu siang di bulan Maret 2011 aku menghubungi temen-temen kuliah. Mereka antara lain Sari, Rama, Uzma, dan Vio. Mereka adalah sahabatku sejak kami kuliah dan bergabung menjadi satu kelas. Kebetulan saat itu Uzma tidak bisa ikut karena sedang ada keperluan ke luar kota. Akhirnya kami berempat berangkat menuju ke TKP (Tujuannya Ketep Pass) bukan Tempat Kejadian Perkara, hehehehe.

Sekitar 45 menit perjalanan akhirnya kami sampai di Ketep Pass. Alhamdulillah saat itu cuacanya cukup cerah. Sehingga kami dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi yang berdiri kokoh, tenang, tetapi bisa berubah menakutkan ketika sedang marah. Selain menyajikan keindahan alam, Ketep Pass juga memiliki sebuah museum vulkanik yang diberi nama Museum Vulkanologi. Di dalam  museum tersebut berdiri miniatur Gunung Merapi, komputer interaktif yang berisi tentang dokumen kegunungapian, beberapa contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun, poster puncak Garuda, poster peringatan dini lahar Gunung Merapi, dan juga beberapa foto dan poster yang menggambarkan kisah dari aktivitas Gunung Merapi. Ketep Pass juga memiliki sebuah teater yang diberi nama Volcano Theater. Yang menyajikan film berupa sejarah dari Gunung Merapi yang meliputi peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di puncak Garuda, letusan dahsyat Gunung Merapi, dan berbagai peristiwa yang terjadi dalam rentetan waktu tertentu. Durasi dari film ini cukup pendek, hanya sekitar 25 menit. Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp.15.000 /dewasa dan 12.500/anak-anak  kita sudah bisa menikmati semua keindahan dari Ketep Pass.

S E L A M A T  B E R K U N J U N G



ditulis oleh :
Ahmad Zainur Ashofa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By