Breaking News

Minggu, 10 Juni 2012

BIKIN BLOG YUK ..... !

Oleh : Goen Mitoro

Tanggapan teman-teman begitu beragam setelah mereka berkunjung ke blog saya. Ada yang memberi apresiasi positif dengan memberi support untuk terus menulis. Ada juga yang tidak memberikan respon apa-apa alias cuek saja. Namun, ada beberapa teman yang tertarik untuk membuat blog. Mereka bertanya, Bagaimana caranya membuat Blog? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat blog.
1.     Sebelum membuat blog, sebaiknya anda harus mempunyai alamat e-mail terlebih dahulu. E-mail yang digunakan tidak harus berasal dari Google.
2.  Buka browser web, ketiklah http://www.blogger.com. Gantilah opsi language (bahasa) dengan pilihan Bahasa Indonesia, jika anda ingin petunjuk membuat blog dalam bahasa indonesia.
3.     Pilihlah teks “Buat Blog” atau “Create Blog” yang ada di dalam kotak berwarna jingga.
4.     Isi formulir pendaftaran yang berhubungan dengan akun baru. Beberapa isian yang perlu diisi antara lain adalah alamat e-mail dan isian password (kata sandi).
5.     Kotak isian verifikasi kata diisi dengan teks gambar yang tampil di atasnya.
6. Berikan tanda cek (centang) pada kotak “saya menerima persyaratan dan layanan”. Kemudian tekan tombol lanjutkan.
7.     Pilih Indonesia di dalam kotak isian negara.
8.     Tulislah nomor ponsel (HP) Anda, untuk menerima kode verifikasi. Lalu klik tombol “Kirim kode verifikasi ke ponsel saya”.
9.     Setelah anda mendapatkan sms dari Google berupa kode verifikasi, ketik kode tersebut pada halaman berikutnya dan tekan tombol Verifikasi.
10.  Proses berikutnya adalah penentuan nama blog yang akan Anda gunakan. Setelah itu pilih link “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses registrasi.
11. Pilihlah template atau desain yang sesuai dengan selera Anda. Desain ini merupakan persediaan dari Blogger.com
12. Akan muncul informasi bahwa blog anda telah tercipta. Anda sudah dapat memulai mengelola blog, mulai dari menulis informasi, membuat informasi diri, sampai mengubah tampilan blog, setelah link “Mulai Blogging” ditekan.

Setelah blog anda tercipta isi dengan konten artikel, informasi atau tulisan karya Anda sendiri. Selamat berkreasi dengan blog Anda, tetaplah menulis. Semoga tulisan Anda bisa bermanfaat bagi teman-teman Anda dan para pembaca blog Anda.

2 komentar:

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By