Breaking News

Selasa, 29 Mei 2012

MENCEGAH PIKTIF


Tips Mencegah dan Mengatasi Pikiran Negatif
1.     Hidup di saat ini.
Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika menemukan pikiran terkungkung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol.
2.     Katakan hal positif pada diri sendiri
Katakan pada diri bahwa kita kuat. Ucapkan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Terutama mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu tidak peduli jika hari itu harus mengambil keputusan sulit ataupun tidak mempercayai apa yang telah dikatakan pada diri sendiri.
3.     Percaya pada Kekuatan Pikiran Positif
Jika berpikir positif hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya jika berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa. Hal ini adalah hukum universal seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir. Namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa dipetik.
4.     Jangan berdiam diri.
Telusuri apa yang membuat kita berpikiran negatif, perbaiki dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi, dan membuat kita merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah atau pelajaran dari hal tersebut dan kembali maju.
5.     Fokus pada Hal-hal Positif.
Ketika kita sedang berpikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima atau enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekedar hal-hal kecil.
(sumber : Radar Cirebon, Minggu, 11 Maret 2012) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By