Breaking News

Senin, 28 Mei 2012

INDONESIA MENGAJAR


“Apakah yang dimaksud dengan sudut tumpul?” Anak tersebut menjawab, “karena tidak diasah.” (Indonesia Mengajar hal. 143). Itulah kisah yang ditulis oleh Ijma Sujiwo dengan judul “Sudut Tumpul”. Jawaban seorang murid yang sangat kreatif. Mungkin menurut murid itu, jika tidak diasah, maka sudut akan menjadi tumpul. Pisau pun kalau tidak diasah akan menjadi tumpul dan tidak tajam. Begitu pula dengan otak manusia. Bisa saja otak kita akan menjadi tumpul jika kita tidak pernah atau tidak sering mengasahnya.
            Ijma Sujiwo adalah Sarjana Psikologi dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ijma mendapat tugas mengajar di SDN 006 Paser Belengkong, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Ijma dan para Pengajar Muda yang lain adalah ‘orang-orang aneh’. Saat sebagian besar teman-teman mereka mengejar pekerjaan tetap, uang, dan pangkat, tetapi Ijma dan kawan-kawan mengikuti panggilan hati untuk mengabdi pada negeri. 
            Selain cerita di atas, masih banyak lagi kisah-kisah menarik dari para Pengajar Muda yang mendapat kesempatan dan kehormatan mengajar saudara-saudara kita di daerah terpencil. Seperti cerita tentang salah satu murid SD yang bertemu dengan Bapak Wakil Presiden. Kisah ini ditulis oleh Sekar Arrum Nuswantari dengan judul “Satriana Bertemu Wakil Presiden” pada halaman 106.
            Simak juga cerita dengan judul “Lebih Keras dari Rotan” hasil tulisan Adhi Nugroho pada halaman 145 sampai 151. Adhi mengisahkan bahwa pendidikan kita masih diwarnai dengan kekerasan. Adhi berharap ‘metode rotan’ ini bisa hilang dan dapat diganti dengan metode lain yang lebih tegas.
            Dalam cerita yang berjudul “Mengajar Bukan Menghajar” hasil tulisan Sabda Aji Pambayu, kurang lebih mengisahkan hal yang sama seperti kisah Adhi. Aji Pambayu yang biasa disapa Ajip ini berharap tercipta suasana dimana anak-anak merasa aman dan nyaman belajar di sekolah. Selain itu harapan lain Ajip adalah bahwa sekolah adalah tempat mereka mulai bermimpi menjadi orang yang berguna bagi bangsa.

             Buku ini sangat bagus, memotivasi dan juga menginspirasi. Buku ini harus dibaca oleh siapa saja yang masih dan mau peduli dengan pendidikan di negeri ini. Semoga buku ini dapat mengasah hati kita, supaya tidak menjadi tumpul.

Daftar Pustaka :
Judul Buku    : Indonesia Mengajar
Penulis          : Pengajar Muda
Penerbit        : Penerbit Bentang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By