Breaking News

Jumat, 25 Mei 2012

GUNUNG GUNTUR (bag. 5)


Punten .....

Nama saya Atang. Lengkapnya adalah Tangkuban Perahu. Tadi aa’ Guntur kirim pesan lewat BBM (Bukan Bahasa Manusia) yang isinya Atang diminta bercerita tentang  BUBUR TAHU. Loh kok Bubur Tahu? Wah asyik dong. Pasti dikiranya Atang mau ngajak makan-makan ya? Eh ... lain atuh. Bubur  Tahu artinya Bukittunggul, Burangrang. dan Tangkuban Perahu.       

Asal usul kami bertiga, banyak yang mengaitkan dengan Legenda Sangkuriang. Dikisahkan bahwa Sangkuriang jatuh cinta kepada ibu kandungnya yaitu Dayang Sumbi. Demi menggagalkan rencana Sangkuriang menikahinya, Dayang Sumbi lalu meminta supaya Sangkuriang membuatkan perahu dalam waktu semalam saja.    

Ternyata Sangkuriang gagal memenuhi permintaan Dayang Sumbi. Terus Sangkuriang marah euy ! kemudian menendang perahu itu, akhirnya perahu itu melayang dan mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu itulah yang kemudian menjadi diri saya sekarang ini. Karena bentuknya seperti perahu yang terbalik, maka saya dinamakan Tangkuban Perahu.

Saya mempunyai ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut. Saya terletak sekitar dua puluh kilometer ke arah utara kota Bandung. Saya teh merupakan tempat tujuan wisata paporit yang sudah sangat terkenal gituh. Pokoknya, saya teh hebat euy, Atang tea .....

Nah, sekarang saya mau bercerita tentang kedua aa' saya, yaitu Bukittunggul dan Burangrang. Saya  memanggilnya dengan Aa’ Tunggul dan Aa’ Rangrang.  Seperti nama saya, nama kedua aa' saya pun masih ada kaitannya dengan Legenda Sangkuriang loh. Bekas pokok pohon yang ditebang Sangkurinag untuk membuat perahu, kemudian membentuk sebuah gunung yang dinamakan Gunung Bukittunggul. Ranting-ranting dari pohon tersebut juga membentuk sebuah gunung yang dinamakan Gunung Burangrang. Bukittunggul mempunyai ketinggian 2.203 meter di atas permukaan laut, sedangkan Burangrang memiliki ketinggian 2.064 meter di atas permukaan laut.

Jadi, begitu teman-teman ceritaku tentang Bubur Tahu-nya, he he he .........................

Kitu caritana. Ntos heula nya, hatur nuhun.


        

2 komentar:

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By