Breaking News

Jumat, 18 Mei 2012

GUNUNG GUNTUR (bag. 3)


Halo teman-teman, namaku Guntur. Pada kisah sebelumnya, aku sudah menceritakan tentang kakak-kakakku, adik-adikku, dan juga ketinggian mereka masing-masing.

Teman-teman sudah tahu kan, bahwa aku mempunyai ketinggian 2.249 meter di atas permukaan laut. Nah, kali ini aku akan bercerita lebih banyak tentang diriku sendiri. Simak baik-baik ya.

Aku berdiri di bagian barat Kabupaten Garut, tepatnya di sebelah timur Papandayan. Tidak seperti teman-temanku di daerah tropis  lain, aku justru terlihat tandus dan gersang. Aku adalah salah satu gunung aktif, tetapi saat ini keadaanku masih normal alias aku lebih banyak diam. Aku sudah lama sekali tidak meletus loh. Letusanku yang terakhir adalah pada tahun 1874 atau sekitar 137 tahun yang lalu.

Aku memiliki dua sumber mata air. Pertama yaitu sumber air panas yang  mengalir ke Cipanas yang kemudian dimanfaatkan sebagai wisata pemandian Cipanas. Kedua yaitu sumber air dingin yang mengalir ke aliran Curug Citi’is. 

Bila ingin melakukan pendakian, teman-teman bisa memulainya dari Curug Citi’is. Dari sini   menuju puncak pertama memakan waktu perjalanan selama  2 sampai 2,5 jam. Setibanya di puncak pertama teman-teman dapat melihat pemandangan kota Garut, areal pemukiman, persawahan, Situ Bagendit dan komplek pemandian Cipanas. Perjalanan dari puncak pertama menuju puncak kedua memerlukan waktu setengah jam. Dari puncak kedua menuju puncak tertinggi diperlukan waktu 40 menit. Area puncak tertinggi cukup datar, memiliki luas kira-kira dua kali lapangan voli. Dari sini teman-teman bisa menyaksikan anggunnya kakakku Cikurai dengan sangat jelas. Dari puncakku teman-teman dapat menyaksikan keindahan panorama alam yang sangat menakjubkan.

Nah itulah ceritaku. Kapan teman-teman mau datang mengunjungiku? Setidaknya teman-teman bisa datang ke kota Garut untuk melihat aku dari dekat. Aku tunggu ya, sampai jumpa.

Catatan :
ci       : air
curug : air terjun
ti'is     : dingin
situ     : danau/telaga 

Daftar Pustaka :
Wikipedia.com
mountinblack.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By