Breaking News

Rabu, 23 Mei 2012

BAHAN BAKAR URINE (BBU)

BBM dan BBG, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kedua sumber energi tersebut. Nah,  bagaimana dengan Bahan Bakar Urine atau disingkat dengan BBU. Pasti terdengar aneh bukan? Kalau bahan bakar alternatif yang bersumber dari biji jarak yang kemudian diolah menjadi bio energi, tentu kita sudah sering mendengar. Apakah mungkin urine bisa dijadikan alternatif sumber energi? Mungkin gak ya?

Ternyata bisa dan mungkin. Dengan menggunakan bahan bakar dari urine tersebut, mobil listrik mampu melaju dengan kecepatan 60 km per jam. Dan, satu liter urine bisa menghasilkan energi listrik yang mampu memacu mobil sepanjang 17 km. Wah hebat ya, ternyata urine bisa dijadikan sumber alternatif bahan bakar yang inovatif.

Adalah Nando dan Nurul, siswa kelas XI program IPA SMA Negeri 10 Malang yang melakukan penelitian terhadap BBU ini. Mereka menciptakan alat yang bernama “Photo Electro System”. Alat ini mampu mengubah energi matahari dan urine menjadi bahan bakar penggerak mobil listrik.

Penelitian yang mereka lakukan berhasil meraih medali emas dalam ajang  International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) di Tbilisi, Georgia, menyisihkan 107 peserta dari 40 negara. Suatu prestasi yang sangat membanggakan.

Bisa dibayangkan, bila suatu saat nanti BBU ini berhasil dikembangkan, kita tidak lagi tergantung pada BBM. Karena BBU sumbernya tidak akan pernah habis. Selama di muka bumi ini masih ada manusia, maka BBU tidak akan pernah kehabisan sumber. Tidak akan pernah kita dengar lagi istilah kelangkaan BBU atau penimbunan BBU.

Kalau sekarang kita “pipis” di toilet umum harus bayar seribu rupiah, maka suatu saat nanti si pengelola toilet umum lah yang harus membayar kita. Selain itu, mungkin saja setelah keluar dari toilet, orang yang “pipis” tadi bisa dapat bonus semangkuk mie instan. Kita bisa pilih deh, mau mie rebus atau mie goreng?

Bisa juga kalau ke SPBU untuk mengisi BBU, sekalian kita “pipis”  kita bisa dapat CASHBACK atau dapat DISCOUNT he he he ...... lucu juga ya, tapi mungkin aja kan?

Daftar Pustaka :
Urine Jadi Sumber Energi Alternatif (www.antaranews.com)


ditulis oleh : Guntur Sumitro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guntur Sumitro | Design by : Andre | Tempaltes By